SOLOPOS.COM - Gedung Induk Siti Walidah UMS Solo. (Youtube)

Solopos.com, SUKOHARJO — Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS mengumumkan pendirian Pusat Studi Informatika Sosial, PSInfososFKI.

Pusat studi ini beranggotakan dosen-dosen dari program studi Komunikasi, Informatika dan Magister Informatika yang ada di FKI UMS.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Kegiatan sarasehan ini dilaksanaakan Jumat, (6/1/2023) yang berlokasi di Dapur Solo dihadiri oleh perwakilan dari dekanat fakultas, kaprodi serta anggota pusat studi.

Wakil Dekan I FKI UMS Dr. Endah Sudarmilah menyampaikan perkembangan dan perubahan teknologi yang sangat dinamis dan berdampak pada kehidupan masyarakat, membuat kehadiran kajian informatika sosial sangat dibutuhkan.

Selain mampu memberikan insight terhadap aspek sosial dari komputerisasi, kajian ini juga mempu menganalisis peran dari teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sosial dan organisasi.

Melihat hal tersebut, lanjut dia, FKI UMS mendorong pendirian Pusat Studi Informatika Sosial yang mampu menjawab kebutuhan tersebut.

“Kehadiran pusat studi ini, diharapkan tidak hanya untuk mengintegrasikan mata kuliah di program studi yang ada di FKI, namun juga mampu meningkatkan publikasi dosen-dosen di jurnal bereputasi,“ ujar Wakil Dekan I FKI itu.

Kaprodi Informatika Dedi Gunawan, Ph.D., menyampaikan perlunya koordinasi road map pusat studi dan program studi agar mampu menjadi wadah untuk penelitian dosen.

Menurutnya, selain hal tersebut, pusat studi perlu untuk terus produktif berkarya agar bisa menjadi rujukan-rujukan penting sesuai dengan tujuan pusat studi.

“Kehadiran pusat studi ini di harapkan dapat berkontribusi dalam memberikan berbagai alternatif solusi dari berbagai masalah yang muncul dari implementasi TIK,” tambahnya.

Sarasehan ini dipimpin oleh Endang Wahyu Pamungkas, Ph.D selaku Ketua Pusat Studi, dengan pemaparan mengenai potensi penelitian dengan kajian informatika sosial dan kemudian memimpin diskusi mengenai program kerja yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Sekretaris Pusat Studi, Dr. Dian Purworini menambahkan kajian terkait opini publik dengan menggunakan analisis media sosial, analisis sentiment dan lain-lain sangat penting karena dapat memberikan rekomendasi strategi respons yang efektif untuk organisasi, terutama ketika mengalami krisis.

“Apalagi dengan adanya perkembangan teknologi artificial intelligence saat ini sangat memungkinkan untuk diaplikasikan dalam rangka membantu kajian isu-isu sosial,” papar Sekertaris Pusat Studi PSInfososFKI itu.

Ia menyampaikan dengan kolaborasi disiplin ilmu komputer dan komunikasi, tidak hanya memberikan manfaat dalam menghadirkan analisis yang berupa data, tetapi juga aspek teoritis yang bersifat best practice dalam kehidupan masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya