SOLOPOS.COM - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali meluluskan 1.879 wisudawan sarjana dan pasca sarjana periode IV Tahun Akademik 2022/2023, yang dilaksanakan di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (24/6/2023).

Solopos.com, SUKOHARJO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali meluluskan 1.879 wisudawan sarjana dan pasca sarjana periode IV Tahun Akademik 2022/2023, yang dilaksanakan di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (24/6/2023).

Wakil Rektor I UMS, Prof., Dr., Harun Joko Prayitno, M.Hum., menyampaikan laporan jumlah lulusan dan latar belakang bidang ilmu mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya pada akhir semester genap 2022/2023.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Total wisudawan yang berbahagia pada kesempatan ini terbanyak pemecah rekor, sejumlah 1.879 wisudawan, dengan perincian S1 sebanyak 1.800 dan S2 sebanyak 79 wisudawan. Kemudian wisudawan yang mendapatkan Cumlaude sebanyak 948. Ini apabila di persentasekan sebesar 50,45%, dan yang lulus dalam jalur OBE atau tanpa skripsi 816 wisudawan,” papar WR I UMS itu.

Dengan demikian, tambahnya, hingga pewisudaan periode III Tahun 2022/2023 kali ini, menurut data yang tercatat di Biro Administrasi Akademik, UMS telah meluluskan sebanyak 159.619 wisudawan dari Program Diploma III ( D-III ), Sarjana (S-1), Magister (S2), dan Doktor (S3) sejak UMS didirikan.

“Izinkanlah saya secara pribadi menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah berusaha dengan keras dan tekun, yang akhirnya mampu menyelesaikan beban-beban akademik selama Saudara menimba ilmu di Universitas Muhammadiyah Surakarta,” ungkapnya.

Mewakili segenap tenaga pengajar dan tenaga administrasi, lanjutnya, ia meminta maaf apabila selama membimbing, membekali, dan melayani wisudawan terdapat kekhilafan dan kekurangan.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada segenap keluarga wisudawan dan wisudawati yang telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk turut serta memberikan pelayanan terbaik kami kepada keluarga dan segenap putra-putrinya dalam rangka memperkaya ilmu pengetahuan dan keislaman,” tambahnya.

Menjadi alumni tangguh

Dalam kesempatan itu, Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., berpesan kepada wisudawan agar menjadi alumni yang tangguh dalam menghadapi problematika kehidupan.

“Selalu menebar kebaikan dan kebahagiaan di mana pun dan kapan pun. Ingatlah, sukses itu bukan semata-mata karena jerih payah kita sendiri. Pasti banyak jerih payah orang lain, terutama orang tua. Saya yakin orang tua akan selalu melantunkan doa-doa untuk kesuksesan kita,” ungkap Rektor UMS.

Sementara mewakili wiudawan, Dani Rahma Harfiani menyampaikan kesan dan pesan untuk UMS. Ia menuturkan UMS sudah seperti rumah kedua.

“Selama menimba ilmu, kami melewati momen-momen indah dan belajar dari arti sebuah perjuangan,” ungkap wisudawan PGSD itu.

Lulusan UMS, tambahnya, perlu bersyukur karena tidak hanya berskala nasional tetapi juga Internasional.

“Saya mewakili wisudawan wisudawati mengucapkan terima kasih kepada UMS yang telah membantu kami melewati lika liku menjadi mahasiswa. Terima kasih atas pelayanan dan ilmunya. Semoga kami bisa menjadi sarjana yang unggul,” kata Dani, yang tak terduga mendapatkan ucapan selamat ultah dari WR I UMS, Prof Harun Joko Prayitno.

Pemberian ucapan selamat ultah diikuti dengan pemutaran lagu Selamat Ulang Tahun dari Jamrud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya