SOLOPOS.COM - Edutorium UMS. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO–Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meluncurkan format baru situs ums.ac.id yang bertajuk The All New UMS Website Launching di Auditorium Moh. Djasman Kampus 1 UMS, Rabu (25/1/2023).

Kini tampilan website lebih menarik dengan dominasi warna biru dongker dan kuning.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Rektor UMS, Sofyan Hanif mengatakan website ums.ac.id akan mengintegrasi akses informasi dalam satu pintu. Hal ini bertujuan menciptakan website yang tertata rapi, kompak, dan terpola agar memudahkan pengunjung untuk menemukan informasi yang dicari. 

“Hari ini kita mengumpulkan satu sumber informasi menjadi satu pintu, sehingga tidak tidak tercecer dimana-mana. Sehingga saya berharap instrumen baru ini atau website beru ini akan lebih membawa UMS mengakselerasi jadi world class university,” katanya ketika ditemui wartawan selepas acara peluncuran, Rabu (25/1/2023).

Koordinator Website, Fajar Suryawan mengatakan website UMS sudah terintegrasi.

“Artinya informasi-informasi untuk UMS terkumpul di satu tempat, utamanya informasi yang berkaitan dengan program studi, penelitian, pencapaian, dan masih banyak lagi,” katanya.

Tujuannya, kata dia, agar calon mahasiswa atau orang tua bisa mendapatkan informasi yang akurat langsung dari pihak UMS. Fajar mengatakan konten yang dikelola oleh tim nantinya akan menyediakan tulisan atau informasi untuk masyarakat juga internal kampus. 

“Koten utamanya yang apa kita jual ya, terutama program studi, penelitian, dan hasil karya mahasiswa, itu nanti akan menjadi konten. Tapi untuk internal juga akan ada,” kata dia.

Fajar menjelaskan website tersebut dibangun menggunakan arsitektur back-end dan front-end. Keduanya merupakan faktor yang mendukung pengembangan berkelanjutan, bahkan bisa diintegrasikan dengan berbagai macam platform seperti Android dan iOS. 

Demi meningkatkan kecepatan, dia mengatakan sudah menggunakan teknologi cloud multi regional yang cepat dan aman. Website baru juga akan mendukung tiga bahasa, yaitu Indonesia, Inggris, dan Arab.

Dari pantauan Solopos.com, website baru menyajikan berbagai fitur menarik yang terdapat dalam landing page. Beberapa informasi tersaji detail, seperti seluruh program studi di setiap jenjang, informasi beasiswa mahasiswa, informasi riset, peluang karir universitas, kehidupan dan akomodasi kampus.

Fajar menambahkan website baru akan mengoptimalkan search engine optimization atau SEO, sehingga konten dari web akan mudah dicari di mesin pencari. SEO merupakan proses meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik situs.

Ini dilakukan, kata dia, dengan meningkatkan kualitas konten, membuat situs web lebih mudah diakses oleh mesin pencari, dan membuat situs web lebih relevan bagi masyarakat. 

Wakil Rektor V Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional, Supriyono, mengatakan dalam pengembangan dan pembangunan website ini melibatkan expertise di berbagai bidang, seperti UI/UX, web development, konten, bahasa, desain, dan fotografi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya