SOLOPOS.COM - Kementerian Pertahanan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI menggelar Diklat Kader Bela Negara bagi mahasiswa di Klaten, 19-23 Juni 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Pertahanan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI menyelenggarakan kegiatan Diklat Kader Bela Negara bagi mahasiswa.

Kegiatan diklat berlangsung selama 5 hari terhitung, 19-23 Juni. Upacara pembukaan dan penyematan dilakukan pada Senin (19/6/2023) di Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran Resimen Induk Kodam IV Diponegoro (Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro), Klaten.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Dalam upacara pembukaan tersebut, Kabag Diklat Kemhan, Mayor Jenderal (Mayjen) Tandyo Budi Revita menyampaikan kegiatan diklat kader bela negara merupakan cara bagi mahasiswa untuk menghadapi ancaman nonmiliter seperti disideologis yang memicu disintegrasi.

“Berbagai kemungkinan harus mampu diantisipasi untuk melindungi segenap bangsa, negara, dan seluruh tumpah darah,” kata Tandyo Budi. Dia berharap, diklat bagi mahasiswa ini akan berjalan lancar.

“Saya percaya bahwa dalam waktu singkat, para peserta akan memanfaatkan kesempatan berguna ini sebagai media sharing untuk menghasilkan opini, argumentasi, dan karya akademik yang adaptif, inovatif, dan berkualitas,” ujarnya.

Para mahasiswa dari perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah VI, yang berjumlah total 200 ini dipercaya menjadi media sharing pengetahuan dan pengalaman bela negara.

Wakil Rektor III, UMS Ihwan Susilo, menyampaikan harapan dengan dilakukannya diklat ini.

“Kami berharap dalam pelaksanaannya, mahasiswa benar-benar bisa mengambil manfaar yang besar, terutama di dalam pengembangan karakter bela negara. Dan tentu saja ke depan mereka memiliki sebuah tekad, komitken, untuk bisa menjadi bagian dari bela negara itu,” ujar Ihwan Susila.

Rifqi Zain, mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) UMS yang mengikuti pelatihan di bawah pengawasan TNI AD ini mengungkapkan alasan mengikuti kegiatan tersebut.

“Karena ingin belajar bagaimana cara untuk membela negara, kemudian kita sebagai anak muda harus bisa menjadi anak yang berprestasi dan berguna bagi bangsa dan negara,” ungkap Rifqi.

Dia mengaku senang dan ingin lebih memahami tentang bela negara. “Sebagai generasi muda harus bisa membawa bangsa ini lebih maju,” sambung Retno Windarwati, mahasiswi dari prodi PAI UMS juga.

Retno juga yakin secara mental dan fisik siap mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dari awal hingga akhir. Selama lima hari, para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi akan mendapatkan materi dan pelatihan untuk menanamkan nilai-nilai bela negara.

“Mereka juga akan mendapatkan pelatihan keterampilan bela negara melalui kegiatan outbound,” papar Priyo Wijokongko, perwakilan alumni IKA UMS, yang hadir pada kesempatan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya