SOLOPOS.COM - Logo UNS Solo

Logo UNS Solo

Logo UNS Solo

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 22 perguruan tinggi negeri (PTN) dan PT swasta (PTS) se-Indonesia, Minggu (21/7/2013) pagi tadi menyelenggarakan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) secara serentak. UNS Solo menjadi salah satu PTN terfavorit dengan peminat banyak.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ada 49.450 peserta di seluruh Indonesia memperebutkan 22.450 kursi yang tersedia. Sebanyak 12.000 peserta memilih UNS Solo.

Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (SPMB N), A. Boedisantoso R., mengatakan jumlah peserta UMBPT secara nasional mengalami peningkatan 25% ketimbang tahun lalu yakni 38.332 peserta pada 2012 meningkat menjadi 49.450 peserta pada 2013.

“UNS menjadi PTN terfavorit dengan peminat 12.000 peserta, di antaranya 2.130 peserta dari Jakarta dan 643 peserta dari Surabaya yang memilih UNS,” jelasnya kepada wartawan di seusai meninjau pelaksanaan UMBPT di UNS.

Terkait naskah soal yang dinilai lebih sulit, Boedi tidak membenarkan hal tersebut. Namun, menurutnya, naskah soal UMBPT berbeda lantaran terdapat tes science reasoning tes yang berbasis logika.

“Tingkatnya hampir sama dengan soal ujian di Amerika, jadi ini tes untuk mengetahui kemampuan logika terlepas dari kepandaian peserta,” terangnya.

Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengatakan tahun ini kali ketiga UNS mengikuti UMBPT. Keikutsertaan tersebut memberikan beberapa keuntungan, yakni UNS bisa mengikutsertakan program diploma lantaran belum ada seleksi masuk progam diploma tingkat nasional.

Selain itu, jumlah pendaftar UNS semakin meningkat dan tersebar dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Hal ini selaras dengan keinginan untuk membawa UNS menjadi PTN yang multikultural. UMBPT ini UNS menjadi terfavorit karena tidak lepas dari kredibilitas UNS yang semakin baik. Artinya UNS semakin dikenal,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya