SOLOPOS.COM - Sejumlah peserta Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) 2013 mengerjakan soal ujian Kampus Pendidikan Olahraga Kesehatan (POK) FKIP UNS, Manahan, Solo, Minggu (21/7/2913). Sebanyak 6.267 mengikuti ujian tersebut. (JIBI/SOLOPOS/ Maulana Surya)

Sejumlah peserta Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) 2013 mengerjakan soal ujian Kampus Pendidikan Olahraga Kesehatan (POK) FKIP UNS, Manahan, Solo, Minggu (21/7/2913). Sebanyak 6.267 mengikuti ujian tersebut. (JIBI/SOLOPOS/ Maulana Surya)

Sejumlah peserta Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) 2013 mengerjakan soal ujian Kampus Pendidikan Olahraga Kesehatan (POK) FKIP UNS, Manahan, Solo, Minggu (21/7/2913). Sebanyak 6.267 mengikuti ujian tersebut. (JIBI/SOLOPOS/ Maulana Surya)

Solopos.com, SOLO — Sedikitnya, 5.944 peserta mengikuti seleksi Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) yang diselenggarakan UNS dari jumlah awal 6.267 peserta, Minggu (21/7/2013).

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Sebanyak  323 peserta absen alias tidak hadir dalam ujian tersebut. Dari 2.962 peserta dari program IPA, 164 diantaranya absen. Sedangkan 118 peserta dari program IPS absen dari jumlah awal 2.387 peserta. Sementara, dari 918 peserta program IPC, 41 diantaranya absen.

“Untuk naskah soal tidak mengalami kekurangan karena Sabtu (20/7) sore jumlah soal tambahan sudah datang ke UNS,” terang Ketua Panitia SPBM UNS, Sutarno, saat dihubungi Solopos.com, Minggu sore.

Seorang peserta UMBPT, Tara Saraswati, 18, mengaku menempuh jalur UMBPT lantaran telah gagal dua kali dalam ujian masuk UNS sebelumnya. Tara tidak mempersoalkan biaya kuliah yang mahal jika diterima melalui jalur UMBPT.

Padahal, gadis asal Banyuanyar Solo tersebut sudah diterima di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Solo beberapa waktu lalu.

“Dulu pas ikut SNMPTN aku salah stategi soalnya milih jurusan yang ratingnya tinggi. Ini aku milih jurusan yang passing grade-nya rendah biar enggak sakit hati yang ketiga kali,” ujar alumni SMAN 7 Solo tersebut kepada Solopos.com seusai keluar dari ruang ujian.

Hal yang sama diungkapkan peserta lainnya, Budi Ari Wibowo, 18. Alumni SMAN Simo Boyolali tersebut mengaku telah gagal setelah dua kali ikut seleksi masuk di UNS.

Budi mengaku tidak ingin mencoba masuk ke PTS lantaran ingin kuliah di PTN meski dengan biaya kuliah yang lebih mahal. “Kalau misalnya enggak diterima lagi, aku mau coba tahun depan,” ujarnya mantap.

Sementara itu, seorang peserta, Chikita Eljo B.M., terpaksa mengikuti tes UMBPT di salah satu ruang di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, lantaran telah jatuh sakit sejak beberapa hari lalu. Chikita seharusnya mengikuti tes UMBPT di Ruang 5 Fakultas Ekonomi 2 UNS terpaksa menjalani tes di rumah sakit lantaran menderita sakit maag akut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya