SOLOPOS.COM - Raja Salman di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (1/3/2017). (JIBI/Reuters/Beawiharta)

Raja Salman terkesan pada umat antar-agama di Indonesia yang bisa berdampingan.

Solopos.com, JAKARTA — Raja Arab Saudi Sri Baginda Khadimul Haramain Al-Syarifain Raja Salman Bin Abdulaziz Al-Saud terkesan dengan keberagaman harmonis yang terjadi di Indonesia.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Raja Salman antara lain memuji kehidupan beragama di Indonesia yang berdampingan antaragama dalam suasana yang damai. Itu bisa memperkuat nilai-nilai toleransi di antara masyarakat Indonesia,” kata Kepala Biro Pers Media dan Informasi Setpres, Bey Machmudin, ditemui di depan gerbang Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Raja Salman menyampaikan apresiasinya saat berdiskusi dengan puluhan tokoh lintas agama di lantai 11 Hotel Raffles bersama Presiden Joko Widodo.

Menurut Bey, sebanyak 28 tokoh lintas agama terdiri atas 9 perwakilan dari Islam, 4 orang Protestan, 4 perwakilan Katolik, 4 perwakilan Buddha, serta 4 perwakilan Hindu, dan 3 perwakilan Konghucu turut serta dalam diskusi sekitar 45 menit itu.

Sejumlah pejabat pemerintah yang turut mendampingi Presiden Jokowi, yaitu Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Sementara itu dalam diskusi, Raja Salman didampingi oleh tiga pangerannya.

“Raja menyampaikan apresiasi dan juga kalau perlu dilakukan lebih sering pertemuan seperti ini antar lintas agama,” jelas Bey.

Sebelum melakukan diskusi, Raja Salman bersama Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Puan dan Menlu Retno melakukan jamuan teh selama sekitar 15 menit.

Din Syamsuddin, Azyumardi Azra, Kammarudin Amin, Alwi Shihab, Zannuba Arriffah C. Rahman (Yenny Wahid), Abdul Mufti, Masyakuri Abdillah, Komaruddin Hidayat, dan Yudie Latief mewakili tokoh agama Islam.

Sementara itu, Hanriette T. Hutabarat, Pdt. Rony Mandang, Pdt. Jacob Nahuway, dan Gomar Gultom mewakili tokoh agama Kristen Protestan. Adapun Mgr. Ignatius Suharyo Harjoatmojo, Mgr. Antonius Subianto, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, dan Franz Magnis Suseno mewakili tokoh agama Katolik.

Tokoh agama Buddha yang hadir adalah S. Hartati Tjakra Murdaya, Bhikku Sri Pannyavaro, Suhadi Sanjaya, dan Arif Harsono. Sedangkan Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Ketut Parwata, Letjen TNI Purn Putu Soekreta Soeranta, dan Made Gede Erata adalah para tokoh yang mewakili agama Hindu.

Terakhir, tokoh agama Konghucu yang hadir adalah Uung Sendana, Ws. Budi Santoso Tanuwibowo dan XS Djangrana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya