SOLOPOS.COM - Petugas UPTD Damkar Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepri, berhasil mengevakuasi seekor ular kobra masuk ke sumur warga di Kelurahan Sei Lekop, Minggu (26/2/2023). (ANTARA/HO-UPT Damkar Bintan Timur)

Solopos.com, BINTAN — Seekor ular kobra membuat heboh warga desa di Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau setelah masuk ke salah satu sumur.

Keberadaan ular kobra sepanjang lebih kurang satu meter itu diketahui saat seorang warga bernama Muslimanto hendak mengambil air di dalam sumur, Minggu (26/2/2023) pagi.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Warga yang takut dengan ular berbisa itu lantas melapor ke Ketua RT setempat yang lantas diteruskan ke Kantor Pemadam Kebakaran Bintan.

“Ia terkejut, tiba-tiba ada ular kobra di dalam sumurnya. Lantas melapor ke Ketua RT, dan diteruskan kepada Damkar Bintan Timur,” kata Kepala UPTD Damkar Bintan Timur, Nurwendi, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Nurwendi menyebut seusai menerima laporan itu, tim penyelamat langsung turun ke lokasi kejadian guna melakukan proses evakuasi.

Setelah hampir 30 menit, ular kobra akhirnya berhasil ditangkap menggunakan peralatan kayu dan ember.

Menurutnya, proses evakuasi cukup sulit, karena hewan berbisa itu berada di kedalaman sumur sekitar tujuh meter.

“Usai evakuasi akan kita lepaskan ke habitat aslinya,” ujarnya.

Ular korba tersebut diperkirakan datang dari semak belukar tak jauh dari rumah warga Muslimanto.

Cuaca panas memungkinkan ular kobra keluar dari sarangnya untuk mencari tempat berlindung yang lebih dingin.

Ia mengimbau warga segera melapor ke Damkar Bintan Timur apabila menemukan ular atau hewan berbisa jenis lainnya yang masuk ke lingkungan pemukiman warga sekitar.

“Namanya hewan berbisa, pasti berbahaya. Makanya, kalau jumpa langsung lapor ke kami, jangan bertindak sendiri,” tutup Nurwendi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya