SOLOPOS.COM - Pengurus AMSI Jatim, tim Solopos Institute dan peserta UKW berfoto bersama seusai penutupan uji kompetensi wartawan, Sabtu (6/11/2021). (Solopos Institute)

Solopos.com, BANYUWANGI – Sebanyak 22 orang dari 25 wartawan di Jawa Timur dinyatakan kompeten dalam uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Solopos Institute di Mirah Hotel Banyuwangi, Jumat-Sabtu (5-6/11/2021).

Tiga wartawan dinyatakan belum kompeten sedangkan empat wartawan yang sudah mendaftar UKW urung datang karena berbagai sebab.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Diputuskan lima jurnalis terbaik di masing-masing kelompok yakni Iksan Fauji (surya.co.id/utama), Muhammad Mufid (faktualnews.co/madya), Wahyu Nurdiyanto (timesindonesia.co.id/muda), Dyah Ayu Setyorini (beritajatim.com/muda), dan Haorrahman Dwi S (tribunnews.com/muda)

“Dalam UKW ini terpaksa ada tiga yang belum kompeten, itu semata-mata karena hasil ujian, tidak ada sebab lainnya. Kami menguji sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers,” ujar Direktur Konten dan Bisnis PT Aksara Solopos yang juga bertindak sebagai salah satu penguji, Suwarmin, saat membacakan hasil UKW.

Baca Juga: Berita Ekosistem Digital terbaru, Berita Ekosistem Digital hari ini, Arsip Berita Ekosistem Digital 

Ketua AMSI Jawa Timur, Arief Rahman, bersyukur UKW yang digelar bersama Solopos Institute selama dua hari berjalan lancar. “Kami berterima kasih kepada Solopos sudah bersedia menguji teman-teman wartawan AMSI dan wartawan di Jawa Timur. Kami sengaja mengundang tim penguji dari Solopos karena kami tahu assessor-nya sudah teruji integritasnya. Bahkan Solopos terlibat dalam perumusan kurikulum UKW di Dewan Pers,” kata Arief di depan para peserta saat penutupan UKW.

Ia berpesan para wartawan yang sudah dinyatakan kompeten untuk membuktikan hasilnya dalam kerja di lapangan. Utamanya, dalam hal profesionalisme dan kualitas karya jurnalistik.

Menurutnya, UKW menjadi titik tumpu pengelolaan SDM khususnya di bidang redaksi agar lebih profesional. “Tanggung jawab profesi ada pada pribadi kawan-kawan,” katanya.

Baca Juga: Nurkholis Terpilih Jadi Ketua AMSI Jateng 2020-2023 

Media yang mengikuti UKW kali ini adalah klikjatim.com, kabarpas.com, blokbojonegoro.com, surya.co.id, portalmadura.com, bloktuban.com, faktualnews.co, sinergijatim.com, kabarjombang.com, banyuwangihits.id, lensaindonesia.com, detik.com, jatimnow.com, jatim.tribunnews.com, beritajatim.com, suarasurabaya.net, timesindonesia.co.id, jatimnow.com, pantura7.com, sinergimadura.com dan bangsaonline.com.

Selama dua hari puluhan wartawan itu mengerjakan 12 mata uji meliputi pengetahuan umum tentang jurnalisme, hukum dan etika pers, kemampuan menulis dan menyunting serta rapat perencanaan peliputan.

Penguji yang bertugas selain Suwarmin adalah Rini Yustiningsih, Yonantha Chandra Premana, Rahmat Wibisono, Abu Nadzib dan Moch. Subechi Nurcahyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya