SOLOPOS.COM - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima kunjungan anjangsana Deutscher Akademischer Austauschdienst German Academic Exchange Service (DAAD) dan Humboldt University, Berlin, Jerman, Jumat (8/12/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima anjangsana Deutscher Akademischer Austauschdienst German Academic Exchange Service (DAAD) dan Humboldt University, Berlin, Jerman, Jumat (8/12/2023) di Grha Kartini.

Kunjungan dilakukan dalam rangka diskusi kerja sama serta penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Arrangement (IA).

Hadir menyambut hangat kunjungan tersebut Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik dan Kemahasiswaan (WR PAK) Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (WR RIK) Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., serta Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Kealumnian (WR KK) Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM, Ph.D (AFHEA), pimpinan fakultas dan direktorat, serta perwakilan pusat studi di UKSW.

Sementara itu, dari DAAD hadir Regional Director Dr. Phil Guido Schnieders, dan DAAD Head of Division Knowledge and Network Dr. Phil Christian Strowa. Lainnya, pihak Humboldt University dihadiri oleh Prof. Claudia Derichs.

Dalam sambutannya, WR PAK Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu mengungkapkan terima kasih atas kunjungan DAAD dan Humboldt University ke UKSW. Dinyatakannya, pertemuan kali ini mengagendakan diskusi mengenai kerja sama.

“Kami sangat terbuka dengan diskusi ini dan berkomitmen untuk menyediakan segala yang diperlukan untuk memperkuat kolaborasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, WR KK Prof. Yafet Yosafet Wilben Rissy menekankan internasionalisasi yang dilakukan UKSW demi menuju World Class University. “Kami berharap dengan adanya diskusi kali ini, akan dihasilkan publikasi, joint research, dan juga pertukaran pelajar,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa UKSW mendorong mahasiswanya untuk belajar di luar negeri. UKSW telah bekerja sama dengan Timor Leste dengan menyediakan beasiswa. Dengan kunjungan ini, diharapkan UKSW dapat memperluas kerja sama serupa dengan Humboldt University.

Tingkatkan Internasionalisasi

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima kunjungan anjangsana Deutscher Akademischer Austauschdienst German Academic Exchange Service (DAAD) dan Humboldt University, Berlin, Jerman, Jumat (8/12/2023). (Istimewa)
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima kunjungan anjangsana Deutscher Akademischer Austauschdienst German Academic Exchange Service (DAAD) dan Humboldt University, Berlin, Jerman, Jumat (8/12/2023). (Istimewa)

Dr. Phil Guido Schnieders menyatakan perasaan senangnya datang UKSW. Ia berharap bahwa kunjungan yang pertama ke UKSW ini dapat menghasilkan kerja sama dengan UKSW.

“Mari kita adakan student exchange bagi mahasiswa, sehingga bisa menikmati keindahan kota Salatiga,” ungkapnya.

Di sisi lain, Prof. Claudia Derichs mengungkapkan bahwa sebelumnya UKSW telah berjalan dengan mengagumkan. Ia menginginkan kerja sama yang lebih jauh seperti pembelajaran bahasa dengan memfasilitasi mahasiswa Jerman untuk belajar Bahasa Indonesia, begitu pula sebaliknya.

Diwawancara melalui pesan singkat, Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat DRPM Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo, M.Kom., menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin kerjasama riset, publikasi, dan studi lanjut dengan mitra global dari negara maju yang telah memiliki reputasi skala internasional.

Disinggung mengenai kerja sama yang ditargetkan, ia menyebut diharapkan dapat menghasilkan riset matching grant, publikasi bersama, dan produk inovasi yg berdampak luas bagi masyarakat.

“Diharapkan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan internasionalisasi dengan peningkatan penelitian dan publikasi dosen,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dilakukan penandatanganan MoA antara Center for Gender and Child Studies UKSW dengan Institute of Asian and African Studies Humboldt University untuk mengadakan joint research. Penandatanganan ini dilakukan oleh Chairperson of Centre for Gender Research and Studies UKSW Dr. Ir. Arianti Ina R. Hunga, M.Si , dan Chair for Transregional Southeast Asian Studies, HU Berlin, Germany Prof. Dr. Claudia Derichs.

Selain itu, penandatanganan IA juga dilakukan Program Studi Ilmu Teologi Fakultas Teologi UKSW dengan Humboldt University. Penandatanganan IA dilakukan oleh Prof. Dr. Claudia Derichs dan Dekan Fakultas Teologi Pdt. Izak Y. M. Lattu, Ph.D.

Implementasi dari IA ini adalah diadakannya seminar yang mengangkat tema “Rethinking and Decentering Solidarity and Collaboration in the Work that Focus on Environmental Justice” seusai diskusi tersebut. Dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Teologi, empat pembicara hadir dalam seminar yaitu Prof. Dr. Claudia Derichs, Dr. Ir. Arianti Ina R. Hunga, M.Si., Wakil Dekan Fakultas Teologi Pdt. Irene Ludji, Ph.D., dan Dr Phil Dewi Chandraningrum, M.Ed., dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

 

Rekomendasi
Berita Lainnya