SOLOPOS.COM - Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, SE., M.Si., Ak., dan Ketua STT GKE Pdt. Dr. Sudianto, M. Si. menandatangani MoU kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi di Ruang Bina Karya UKSW, Salatiga, Jumat (14/4/2023).

Solopos.com, SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menjalin kerja sama dengan Sekolah Tinggi Teologi Gereja Kalimantan Evangelis (STT GKE) Banjarmasin untuk meningkatkan pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT). Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan kedua belah pihak, Jumat (14/4/2023).

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, SE., M.Si., Ak., dan Ketua STT GKE Pdt. Dr. Sudianto, M. Si., di Ruang Bina Karya UKSW. Kegiatan penandatanganan juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Kealumnian (KK) Yafet Yosafet Wilben Rissy, S.H., M.Si., LLM., Ph.D. (AFHEA), Ketua Program Studi (Prodi) Magister Sosiologi Agama Pdt. Dr. Rama Tulus Pilakoannu, dan Kepala Bagian Kerjasama Ardiyarso Kurniawan, M.Hum.

Sementara dari pihak STT GKE didampingi oleh Pdt. Ripaldi, M. Th. Turut, dan hadir sebagai saksi dalam acara ini yakni Wakil Ketua Umum Majelis Sinode Pdt. Kinurung Maleh, D. Th., Majelis Pertimbangan Calon Resort DKI Jakarta Dr. Willy M. Yosef dan Ketua Calon Resort DKI Jakarta Pdt. Edy Liverda, M. Theol.

Berdaya Guna

MoU kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi ini bertujuan untuk melaksanakan dan meningkatkan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, memberikan kesempatan kepada sivitas akademika dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan kelembagaan, pembangunan serta peningkatan kesejahteraan.

Rektor Intiyas menyambut sukacita jalinan kerja sama ini, dengan harapan dapat terimplementasikan, menghasilkan suatu yang berdampak, berdaya guna dan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Implementasi program-program yang akan dilaksanakan ke depannya akan dimotori oleh Pdt. Dr. Rama Tulus Pilakoannu melalui kolaborasi atau konsorsium fakultas.

“Dari kerja sama ini kami berharap setelah perjanjian kerja sama, ada to do list-nya. Jangan sampai meja ini menjadi saksi tanda tangan saja. Beberapa tips dari kami yakni mulai manfaatkan peluang-peluang kecil dengan kolaborasi fakultas dalam melaksanakan kegiatan misalnya webinar bersama,” tuturnya.

Selaras dengan yang disampaikan oleh Rektor UKSW, Sudianto mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas sambutan hangat yang berikan oleh UKSW. Dengan penandatangan MoU ini diharapkan memberikan dampak bagi STT GKE ke depan, baik untuk meningkatkan akreditasi bahkan yang lainnya.

Program Bersama

Saat ditemui setelah penandatangan tersebut, Rama Tulus Pilakoannu mengungkapkan bahwa MoU ini akan diturunkan menjadi Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama dengan Fakultas Teologi (FTeol).

“Beberapa program yang akan dikolaborasikan misalnya collab seminar, pertukaran dosen, kelas umum bahkan ada rencana penelitian bersama. Pengabdian masyarakat juga akan dikembangkan terutama di wilayah-wilayah gereja di sana,” imbuhnya.

Lebih lanjut diterangkan oleh Kaprodi tersebut yakni FTeol juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan dosen di STT GKE tentang keadaan jemaat dan gereja yang berada di Jawa Tengah.

Rekomendasi
Berita Lainnya