SOLOPOS.COM - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menyambut kedatangan SMA BPK Penabur Bogor dalam kegiatan campus tour, Jumat (6/10/2023). (Istimewa/UKSW)

Solopos.com, SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menyambut kedatangan SMA BPK Penabur Bogor dalam kegiatan campus tour, Jumat (6/10/2023) dengan penuh antusias. Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan Kampus Indonesia Mini ini turut dihadiri secara online oleh Kepala Divisi Promosi dan Komunikasi Publik (Divprom Komblik) UKSW, Nina Setiyawati, S.Kom., M.Cs.

Dalam sambutannya, Nina Setiyawati tidak bisa menutupi rasa bangganya ketika mengetahui banyak siswa yang hadir ingin melanjutkan kuliah di UKSW khususnya Fakultas Psikologi. Disampaikannya juga bahwa UKSW hadir bukan hanya untuk memberikan pendidikan, tetapi membentuk mahasiswa menjadi pemikir yang kritis dan individu yang dapat memberikan dampak positif ke masyarakat.

“Tujuan kami bukan hanya untuk memberikan pendidikan tetapi juga menginspirasi dan memberdayakan teman-teman untuk dapat menjadi pemimpin masa depan,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMA BPK Penabur Bogor Sigit Waskito Adi, S.T., M.M., mengungkapkan jika kegiatan campus tour ini selalu dilakukan setiap tahun untuk menambahkan insight siswanya. Menurutnya, kegiatan ini perlu dilakukan agar para siswa memiliki banyak pilihan program studi maupun perguruan tinggi.

“Dengan adanya pemahaman itu, mereka bisa menentukan sikap ketika nanti memilih program studi agar tidak salah jurusan,” ungkapnya. Sementara itu, Sigit Waskito menyampaikan jika ini merupakan kunjungan perdananya beserta rombongan SMA BPK Penabur Bogor ke UKSW.

Memberikan impresi yang positif, Sigit Waskito menyatakan jika UKSW merupakan perguruan tinggi swasta yang bonafit atau memiliki integritas di Jawa Tengah. Hal tersebut yang mendorong Sigit Waskito bersama rombongan berkunjung ke UKSW guna memberikan gambaran mengenai universitas kepada para siswa. Dalam kunjungan kemarin, siswa SMA BPK Penabur Bogor berkesempatan berkeliling di area kampus UKSW Jalan Diponegoro.

Creative Minority yang Empati

Banyaknya siswa dari SMA BPK Penabur Bogor yang tertarik masuk Fakultas Psikologi UKSW turut disambut dengan baik oleh Dekan Fakultas Psikologi Dr. Sri Aryanti Kristianingsih, M.Si., M.H., Psikolog dan Dosen Psikologi Dewita Karema Sarajar, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Dr. Sri Aryanti mengajak peserta campus tour untuk mengenal lebih dekat dengan Fakultas Psikologi UKSW dengan mengenalkan fasilitas kampus, profil lulusan, prospek kerja, hingga tips agar lancar berkuliah.

Disampaikannya, lulusan psikologi UKSW memiliki ciri utama creative minority yang kompeten sebagai ilmuwan psikologi dengan memiliki karakter EMPATI (Etis, Mandiri, Progresif, Toleran, dan Ilmiah). Memiliki ciri khas dalam pendekatan, Dr. Sri Aryanti mengungkapkan jika Fakultas Psikologi UKSW menggunakan pendekatan psikologi lintas budaya dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Ditambah dengan keterampilan yang unggul dalam melaksanakan asesmen, pengukuran psikologis, pemecahan masalah psikologis, dan intervensi psikologis dasar.  “Jadi kita bisa saling memahami antara satu budaya dengan budaya yang lain karena budaya itu akan berpengaruh pada perilaku manusia,” tuturnya.

Selain memberikan materi, Dr. Sri Aryanti turut mengajak peserta campus tour untuk lebih mengenal dan mengerti diri sendiri. Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan kuesioner yang berisikan daftar pertanyaan yang memungkinkan mereka untuk merenungkan karakteristik diri sendiri.

Pada kesempatan lainnya, salah satu siswa SMA BPK Penabur Bogor Vincent Elgar menyuarakan ketertarikannya untuk berkuliah di UKSW. Menurutnya, UKSW sangat keren karena memiliki banyak kegiatan yang membuat lingkungan kampusnya menjadi menarik. “Sebelumnya saya belum banyak tahu tentang kampus-kampus yang ada di Indonesia dan dengan kegiatan ini saya menjadi kenal dengan UKSW,” pungkasnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya