SOLOPOS.COM - Seorang tentara Ukraina melintas di dekat truk yang rusak karena ledakan bom pekan lalu. (The Guardian)

Solopos.com, JAKARTA–Peringatan serangan udara diumumkan pada Rabu (14/12/2022) sore di 3 wilayah di Ukraina timur, dan di tengah negara itu. Sirene berbunyi pada pukul 09:45 (10:45 waktu Moskow) di Wilayah Poltava, Kharkov, dan Dnepropetrovsk, serta di bagian Wilayah Zaporozhye yang dikuasai Kyiv.

Sebelumnya di hari yang sama pada Rabu (14/12/2022) peringatan serangan udara diumumkan di Kyiv dan wilayah ibu kota Ukraina, seperti dilansir dari TASS, Rabu (14/12/2022). Ledakan itu berlangsung lebih dari tiga jam.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Wilayah Zhytomir dan Vinnitsa sebelumnya mengumumkan peringatan serangan udara. Politisi Ukraina, Oleksiy Goncharenko mengatakan bahwa dia telah mendengar tiga ledakan pada pukul 06.30 waktu setempat (04:30 GMT).

Baca Juga Plastik dan Minuman Manis Kena Cukai

Alarm serangan udara berbunyi pada pukul 5.55 pagi (03:55 GMT) dan penduduk didesak untuk tetap tinggal di tempat penampungan sampai semuanya aman. “Ukraina bangun bukan dari jam alarm, tetapi dari ledakan, terima kasih kepada tetangga Rusia! Selamat pagi!,” kata Goncharenko.

Gubernur Oblast Kyiv, Oleksiy Kuleba mengatakan bahwa sistem pertahanan udara diaktifkan dan mencapai sasaran. Ledakan itu terjadi pada saat Ukraina meminta sekutunya untuk menyediakan sistem pertahanan udara yang lebih canggih.

Sistem pertahanan yang diminta Ukraina tersebut digunakan untuk membantu negaranya menembak jatuh rudal dan pesawat tak berawak (drone) Rusia.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ukraina Diteror Serangan Udara Rusia!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya