SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Ujian SD 2015 di Kota Solo telah diumumkan hasilnya dengan kelulusan 100%.

Solopos.com, SOLO –  Nilai rata-rata Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) di Kota Solo tahun ini turun dibandingkan tahun lalu.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Informasi yang dihimpun dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Solo, tiga SD yang masuk tiga besar peraih nilai rata-rata US/M tertinggi tingkat Kota Solo, yaitu SD Negeri (SDN) Mangkubumen Lor No. 15 Solo dengan nilai rata-rata US/M 25,64 dan berada di peringkat pertama, disusul SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Solo dengan nilai rata-rata US/M 25,19, dan SDN Kratonan Solo dengan nilai rata-rata US/M 24,61.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) dan Anak Usia Dini (AUD) Disdikpora Solo, Wahyono, mengakui hal itu.

“Untuk tingkat kelulusan siswa kali ini lulus 100 persen,” ujar Wahyono, didampingi Kasi Kurikulum, Rita Nirbaya, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/6/2015).

Rita mengakui untuk nilai rata-rata US/M Kota Solo turun dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu, nilai rata-rata tertinggi US/M tahun lalu 26,84, yang diraih oleh SD Muhammadiyah PK Solo.

Menurut Rita, turunnya nilai rata-rata US/M tahun ini diduga karena bobot soal yang tahun ini lebih sulit dibandingkan bobot soal tahun lalu, khususnya untuk mata pelajaran (mapel) IPA.

Namun untuk dua mapel lainnya, yaitu Matematika dan Bahasa Indonesia, relatif tetap tinggi jika dibandingkan tahun lalu.

“Bahkan untuk mapel Matematika atau Bahasa Indonesia, ada siswa yang mendapatkan nilai 10,” tambah Rita.

Hal senada disampaikan Sekretaris Disdikpora Solo, Aryo Widyandoko.

“Memang cukup mengejutkan. Banyak anak yang sehari-harinya nilainya bagus dalam ulangan harian, namun untuk US/M kali ini nilainya tidak terlalu bagus,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya