SOLOPOS.COM - ilustrasi (

ilustrasi (dok)

SOLO–Pengawas Ujian Nasional (UN) SD dituntut teliti mengecek lembar jawab komputer (LJK) UN siswa saat ujian. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan pengisian identitas siswa.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, Mayoritas Analis Rekomendasi Beli Saham BBRI

Ketua UN Kota Solo, Bambang Wahyono, mengungkapkan karena masih SD, kemungkinan terjadinya kesalahan siswa saat pengisian identitas lebih besar. Oleh karena itu Bambang meminta pengawas teliti mengecek kebenaran identitas setiap siswa pada LJK. “Pengawas jangan hanya mengawasi untuk menghindari siswa yang menyontek, tapi juga mengecek identitas siswa,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (3/5/2012).

Ia juga mengungkapkan panitia UN Kota Solo pergi ke Semarang Kamis pagi. Mereka bertugas mengecek naskah UN SD ke provinsi. Selanjutnya Jumat (4/5) siang, soal akan dibawa ke Solo dengan pengawalan dari pihak kepolisian dan petugas dari provinsi.

“Sampai di Solo Jumat sore. Soal kemudian disimpan di rayon UN SD di kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Banjarsari,” jelasnya. Selanjutnya Sabtu (5/5), terangnya, soal didistribusikan ke panitia subrayon di lima kantor UPTD. Mulai Senin (7/5), setiap kepala sekolah menugaskan dua orang petugas sekolah untuk mengambil soal UN ke subrayon, sesuai jadwal ujian hari itu.

Siang harinya setelah UN, kata Bambang, LJK akan di-scan oleh tim information technology(IT) panitia UN. Hasil scanning selanjutnya dikirimkan ke panitia UN tingkat provinsi. “Hari ini (Kamis-red), tim IT panitia UN Kota Solo mengikuti pengarahan di provinsi,” jelasnya.

Berbeda dengan naskah soal UN SMP/SMA yang meliputi sampul besar berisi 20 soal dan sampul kecil berisi 10 soal, ungkapnya, naskah soal UN SD disesuaikan dengan jumlah siswa setiap sekolah. Namun pada setiap mata pelajaran yang diujikan, setiap sekolah diberi dua naskah cadangan dan dua LJK cadangan. “Kalau paket soalnya hanya satu. Soal UN SD disamakan untuk seluruh Jawa Tengah,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya