SOLOPOS.COM - KERJAKAN SOAL-Sejumlah pelajar mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) di SMP Muhammadiyah 1,Solo. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

KERJAKAN SOAL-Sejumlah pelajar mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) di SMP Muhammadiyah 1,Solo. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO–Berdasarkan informasi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP dua hari terakhir terlaksana dengan baik. Pada hari kedua, peserta yang izin sakit berkurang.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Menurut keterangan yang diberikan oleh Sekretaris UN, Budi Setiono, pada hari pertama peserta yang tidak hadir sebanyak 24 orang. Tercatat, peserta yang mengundurkan diri ada sebanyak 20 orang, sisanya mengajukan izin tidak masuk karena sakit.

Budi mengaku tidak mengetahui alasan pengunduran diri ke-21 peserta UN tersebut. Namun yang pasti, siswa yang sudah menyatakan pengunduran diri, dia bisa tidak lulus. Sedangkan siswa yang sakit, bisa mengikuti ujian susulan yang dimulai 30 April mendatang.

Sementara it, hari kedua UN SMP, sebanyak 23 peserta tidak hadir. Peserta yang mengundurkan diri bertambah satu  menjadi 21. sedangkan peserta yang izin sakit berkurang dua orang. “Yah, yang kemarin sakit, mungkin hari ini sudah sembuh,” ungkapnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (24/4/2012).

Menurut Budi, siswa yang tidak ikut pada ujian hari pertama  bisa mengikuti ujian susulan. Sehingga tidak akan mempengaruhi nilai UN.  “Hari ini mereka ikut Bahasa Inggris, untuk pelajaran Bahasa Indonesia kan bisa ikut pada saat ujian susulan,” tegasnya.

Koordinator UN SMP, Waliyono, saat ditemui Solopos.com, di ruang kerjanya mengatakan hal senada. Menurutnyaa pelaksanaan UN berjalan sesuai dengan prosedur operasional standar (POS). Berdasarkan laporan di berita acara yang masuk padanya, tidak ditemui kerusakan naskah ataupun kecurangan-kecuragan. “Ya semoga semua bisa berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya