SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

SOLO – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo menyiapkan 4.882 pengawas pada penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) yang rencananya digelar mulai April mendatang. Seperti tahun sebelumnya, pengawas ruang ini akan melaksanakan tugas silang penuh.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Diungkapkan Sekretaris UN Kota Solo, Budi Setiono, penerapan silang penuh bagi pengawas ruang ini agar pelaksanaan UN lebih kondusif dan obyektif. Artinya pengawas ruang itu akan bertugas di sekolah lain. Menurutnya jumlah pengawas ruang ini telah disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing sekolah, secara rinci dia menerangkan ada 602 ruang SD/MI, 767 ruang SMP/MTs, 336 ruang di SMA/SMALB/MA dan 737 ruang di SMK. “Total ruangan yang digunakan untuk UN yakni 2.441, jumlah tersebut disesuaikan dengan kebutuhan sekolah,” jelas dia, Selasa (7/2/2012).

Dia mengatakan seperti pelaksanaan tahun sebelumnya satu ruang kelas akan diisi 20 peserta ujian dengan dua orang pengawas ruang. Para pengawas ini akan dipilih mereka yang telah berpengalaman dan mengetahui petunjuk pelaksanaan UN, seperti halnya pembagian soal berdasarkan ketentuan yang tertera pada sampul soal. “Sekolah akan menunjuk siapa saja yang akan dikirim menjadi pengawas ruang,” ungkap dia.

Ditanya lebih lanjut terkait pelaksanaan UN, Budi mengaku masih akan mengikuti sosialisasi yang digelar di Salatiga pada dua hari mendatang yakni Rabu-Kamis (8-9/2/2012). Dia mengatakan ada perubahan jadwal pengumuman hasil UN SD/MI dan SLB, jika sebelumnya hasil UN digelar pada 19 Juni hasil pengumuman UN akan dilaksanakan pada 16 Juni. “Pengumuman akan digelar lebih awal di tingkat SD, untuk jenjang pendidikan lainnya masih sesuai dengan jadwal semula,” jelas dia.

JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri Setyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya