SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional SMP (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Ujian Nasional 2017 untuk jenjang SMP sederajat dilaksanakan mulai hari ini.

Solopos.com, SOLO — Komisi IV DPRD Solo hari ini menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sembilan SMP yang melaksanakan Ujian Nasional (UN). Kalangan legislator yang menangani bidang pendidikan ini turut mengawal pelaksanaan UN Kertas dan Pensil (UNKP) atau pun sekolah pelaksana UN Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan Selasa-Kamis (2-4/5/2017).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Sembilan SMP itu adalah SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 9, SMPN 10, SMPN 22, SMPN 24, dan SMPN 25. Rombongan ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok pertama yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Solo, Paulus Haryoto, didampingi sejumlah anggota, Reny Widyawati, Siti Muslikah, Kristanto, dan Al Amin.

Kelompok pertama menilik ke SMPN 3, SMPN 5, SMPN 9, SMPN 10, dan SMPN 22. Sedangkan kelompok kedua terdiri atas Wakil Ketua Komisi IV, Asih Sunjoto, beserta anggota seperti Ana Budiarti, Slamet Widodo, Ardianto, Putut Gunawan, dan Bambang Triyanto, yang bakal menyambangi SMPN 1, SMPN 4, SMPN 24, dan SMPN 25.

“Saya kira anak-anak sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian ini. Sekarang tinggal dukungan dari para orang tua dan para guru agar mereka bisa mengerjakan lancar,” ujar Wakil Ketua Komisi IV, Asih Sunjoto, kepada wartawan, Selasa.

Sebanyak 11.498 peserta mengikuti UN SMP di Solo. Sedangkan siswa yang menerapkan sistem UNBK tercatat ada sebanyak 10.361 peserta. Sementara sebanyak 1.137 peserta melaksanakan UNKP.

Dengan rincian, peserta UNBK sebanyak 6.153 siswa SMP Negeri, 3.517 siswa SMP Swasta dan 691 siswa MTs Negeri. Sedang peserta UNKP sebanyak 787 siswa SMP Swasta dan 350 siswa MTs Swasta.

Adapun UN 2017 ini, total SMP di kota Solo yang mengikuti ada sebanyak 84 sekolah. Masing-masing sekolah yang menggunakan UNBK ada 27 SMP Negeri, 2 MTs Negeri dan 30 SMP swasta. Sedang 19 SMP Swasta dan 6 MTs Swasta menggunakan UNKP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya