SOLOPOS.COM - Pesan Anies Baswedan untuk peserta Ujian Nasional 2017 (Facebook)

Mendikbud Muhadjir Effendy dan mantan Mendikbud Anies Baswedan mengimbau peserta bertindak jujur saat UN.

Solopos.com, SOLO — Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, berharap peserta Ujian Nasional (UN) 2017 mampu mengedepankan kejujuran. Isi pesan tersebut sama persis yang disampaikan Mendikbud Muhadjir Effendy.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Hari ini, Senin (3/4/2017), pemerintah resmi menyelenggarakan UN 2017. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terlebih dahulu melaksanakan ujian hingga Kamis (6/4/2017). Kemudian diusul UN untuk pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) pada 10-13 April 2017 dan disusul Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat pada 2-8 Mei 2017.

Melalui akun resmi Twitter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muhadjir Effendy mengimbau peserta dapat bertindak jujur dan menghindari tindak kecurangan saat UN.

“Junjung tinggi kejujuran, dan jauhi kecurangan pada saat mengerjarkan soal ujian,” terang Mendikbud dalam video yang diunggah Kemendikbud, Sabtu (1/4/2017).

Muahdjir juga menerangkan UN menjadi bagian dari pendidikan karakter. Ia juga mengajak para peserta untuk tetap menjaga integritas.

“Prestasi penting, jujur adalah yang utama,” tutur mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.


Pesan senada juga disampaikan mantan Mendikbud Anies Baswedan. Walaupun tak lagi menjabat sebagai Mendikbud, Anies Baswedan tetap memberikan ucapan selamat kepada peserta UN 2017. Melalui jejaring sosial Facebook, ia mengimbau peserta tetap mengedepankan kejujuran saat UN.

“Selamat belajar. Prestasi itu penting, tapi jujur yang utama. Sekali lagi kerja keras, kerja tuntas, dan jangan lupa berdoa,” terang pria yang kini berkompetisi dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta itu .

Untuk diketahui, hasil UN tahun 2017 masih menjadi syarat penentu kelulusan siswa dari sekolah. Hasil UN 2017 akan diumumkan pada 20 Mei 2017 untuk SMA sederajat dan 14 Juni 2017 untuk SMP sederajat. (Verlandy Donny Fermansah/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya