SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN). (JIBI/Antara/Syaiful Arif)

Ujian Nasional 2016 akan dilaksanakan berbasis komputer bagi sekolah yang telah siap.

Solopos.com, SOLO – Sejumlah sekolah di Kota Solo mulai melaksanakan uji coba dan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Salah satunya dilakukan di SMK Negeri (SMKN) 8 Solo.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Selain melengkapi sarana dan prasarana penyelenggaraan UNBK agar sesuai standar yang ditentukan pemerintah pusat, sekolah tersebut mulai mengadakan simulasi ujian.

“Ya kami mempersiapkan para siswa menghadapi UNBK ini dengan uji coba, simulasi-simulasi,” terang Kepala SMKN 8, Ties Setyaningsih, ketika dihubungi  melalui ponselnya, Sabtu (30/1/2016).

Terkait ketersediaan komputer yang akan digunakan siswa dalam ujian nanti, Ties memastikan jumlahnya telah memadai dengan perbandingan 1 banding 3. Selain itu, komputer cadangan pun juga telah disiapkan.

“Misalnya untuk siswa dari Jurusan Seni Musik atau Seni Karawitan, mereka sudah terbiasa menggunakan komputer antara lain saat membuat atau menyusun not balok dan sebagainya. Jadi menurut saya tidak masalah,” ungkapnya.

Dalam persiapan menghadapi UNBK, di SMAN 7 Solo bahkan telah melakukan uji coba pada saat Ujian Semester Gasal untuk beberapa mata pelajaran (mapel), yang diikuti siswa Kelas XII.

Untuk siswa Kelas XII IPA, dua mapel yang diujikan secara elektronik adalah Matematika dan Kimia. Sedangkan untuk siswa Kelas XII IPS, dua mapel yang diujikan adalah Sosiologi dan Geografi.

“Memang baru dua mapel untuk masing-masing jurusan, terutama mapel yang akan diujikan dalam UN nanti,” terang Kepala SMAN 7 Solo, Adkha Dewi Gayatri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya