SOLOPOS.COM - UN CBT diuji coba di SMAN 1 Surabaya, Senin (23/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Herman Dewantoro)

Ujian nasional 2016, Sekolah mulai mengantisipasi pelaksanaan UN berbasis komputer.

Solopos.com, SOLO–Mayoritas sekolah di Kota Solo berencana menambah jumlah perangkat komputer dalam rangka persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 mendatang.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Sayangnya, hingga Selasa (15/9/2015), sekolah-sekolah tersebut belum mendapatkan kepastian tentang pelaksanaan verifikasi bagi sekolah penyelenggara UNBK oleh pemerintah pusat.

Hal itu diakui Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKN 8, Wagimin, ketika dihubungi melalui ponselnya, Selasa.

“Informasi soal verifikasi belum ada. Kami juga masih menunggu,” ujar Wagimin.

Namun sejauh ini, pihak sekolah memaksimalkan persiapan penyelenggaraan UNBK tersebut.

“Setelah melihat pelaksanaannya 2015, maka kami menyatakan siap melaksanakannya tahun depan. Untuk saat ini, kami tengah mengerjakan perlengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan UNBK 2016. Diharapkan akhir semester ini sarana prasarana sudah lengkap,” ungkapnya.

Wagimin mengungkapkan tahun lalu, SMKN 8 tidak termasuk sekolah penyelenggara UNBK. Sebelumnya SMKN 8 hanya memiliki perangkat komputer yang siap pakai. Sedangkan salah satu syarat pelaksanaan UNBK yaitu sekolah harus memiliki komputer dengan perbandingan 1:3 dengan jumlah siswa.

“Maka saat ini kami harus menmbah perangkat komputer sebanyak 80 hingga 90 unit untuk memfasilitasi siswa sebanyak 229 orang. Selain itu, persiapan juga dimaksimalkan untuk sosialisasi ke siswa, persiapan proktor dan teknisi, serta perangkat pendukungnya. Jadi ketika dilakukan verifkasi, kami sudah akan siap,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 4, Suyono, mengatakan UNBK tahun depan merupakan kali kedua dilaksanakan sekolahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya