SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian (JIBI/Dok)

Ujian Nasional 2015 susulan untuk SMA/MA/SMK digelar hari ini di tiga lokasi di Solo.

Solopos.com, SOLO – Seratusan siswa mengikuti Ujian Nasional (UN) 2015 susulan, Senin (20/4/2015), yang digelar di tiga lokasi di Solo.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Ketiga lokasi UN susulan itu meliputi SMA Negeri (SMAN) 2 sebagai lokasi UN susulan untuk peserta UN berbasis kertas atau paper based test (PBT) dari SMA/MA, SMKN 2 untuk peserta UN PBT dari SMK, dan SMKN 9 untuk peserta UN berbasis komputer atau computer based test (CBT) dari SMK.

Berdasarkan informasi yang dihimpun , Senin, UN susulan tersebut diikuti sejumlah peserta yang tidak hadir saat UN utama karena alasan sakit.

Sementara pantauan di SMKN 9 Solo, UN susulan juga diikuti sekitar 135 siswa dari sekolah setempat.

Hal tersebut berkaitan dengan kendala teknis yang terjadi saat pelaksanaan UN utama di SMKN 9, Senin (13/4/2015) lalu.

Salah satu peserta UN komputer susulan, Marini, mengaku lega karena telah melewati kendala UN komputer utama.

“Sebenarnya UN komputer menyenangkan. Hanya saja tetap khawatir karena model komputer tentunya banyak risiko jika jaringan putus,” paparnya.

Kepala SMKN 9 Solo, Sriyadi, saat dimintai konfirmasi wartawan, Senin, mengakui, sebanyak 135 siswanya yang mengikuti UN susulan tersebut lantaran saat UN utama dengan CBT yang digelar pekan lalu, ditemukan kendala teknis.

Dia menjelaskan, para siswa SMK tersebut adalah sebagian besar dari peserta yang mengikuti UN mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia sesi ketiga.

“Sesi pertama dan sesi kedua sebenarnya sudah bisa berjalan lancar. Hanya saat sesi ketiga, ada sedikit kendala pada server pusat sehingga para peserta [siswa] saat itu tidak bisa melakukan log in,” ungkapnya ketika ditemui di ruang kerjanya.

Dimintai konfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, juga mengakui hal itu. Namun Etty tidak mempermasalahkan kondisi tersebut, mengingat sebelumnya sudah ada petunjuk teknis (juknis) yang jelas dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengantisipasi berbagai kendala di lapangan.

Sehingga pihaknya menganggap secara umum pelaksanaan UN baik CBT maupun PBT di Kota Solo berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya