SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis)

JOGJA—Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Jogja akan menerima 3.637 mahasiswa baru pada tahun ajaran 2013. Penerimaan dibagi menjadi enam jalur yang akan membedakan proses masuk. Adapun ketika telah menjadi mahasiswa, fasilitas yang akan diperoleh sama, kecuali dari proses seleksi mandiri.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Staff Admisi UIN Sunan Kalijaga, M. Uswannas mengungkapkan dua di antara proses seleksi ini merupakan seleksi bersama perguruan tinggi negeri, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. “Porsi untuk dua jalur itu masing-masing 30%,” jelasnya, Jumat (3/5).

SNMPTN yang merupakan jalur undangan melalui sekolah, telah ditutup pada 8 Maret, sedangkan SBMPTN akan dibuka serentak bersama perguruan tinggi negeri se-Indonesia pada 13 Mei mendatang. Ujian SBMPTN akan digelar 18 hingga 19 Mei dan hasilnya diumumkan pada 12 Juli.

Jalur penerimaan bersama juga akan digelar bersama perguruan tinggi agama Islam negeri se Indonesia. Ada dua metode yang dibuka yakni prestasi akademik tanpa tes yang telah ditutup pada 20 April dan ujian tulis, pendaftarannya mulai 6 Mei hingga15 Juni mendatang. Ujian akan dilaksanakan 25 dan 26 Mei, hasilnya akan diumumkan 20 Juli. Dua jalur ini akan menyerap masing-masing 10% dari kuota penerimaan mahasiswa baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya