SOLOPOS.COM - Warga Spanyol menyambut Timnas sepakbola yang baru saja menjuarai Euro 2012 saat dikirab di Madrid, Spanyol. Arus pesan lewat Twitter saat final Euro 2012 mencatat rekor baru yaitu mencapai 15.000 tweet per detik. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Warga Spanyol menyambut Timnas sepakbola yang baru saja menjuarai Euro 2012 saat dikirab di Madrid, Spanyol. Arus pesan lewat Twitter saat final Euro 2012 mencatat rekor baru yaitu mencapai 15.000 tweet per detik. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

WARSAWA – Lebih dari 15.000 tweet per detik muncul ketika Spanyol mencetak gol keempat di final ajang Euro 2012. Ini rekor baru di acara olahraga.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Gelombang tweets yang datang hanya beberapa minggu sebelum Olimpiade London 2012 diharapkan memacu lebih banyak rekor aktivitas di situs jaringan sosial. Twitter mencatat total 16,5 juta tweet di dunia muncul selama pertandingan sepak bola pada Minggu (1/7/2012) di Kiev. Di pertandingan itu, Spanyol mengalahkan Italia 4-0.

Total trafik global pada platform Twitter memuncak pada 15.358 tweets per detik ketika Spanyol mencetak gol keempat. Ini rekor baru , sebuah rekor untuk acara olahraga. “Komentator, penggemar, dan atlet di dunia mendukung tim mereka dalam bentuk lagu, cat wajah, dan dalam tweets sepanjang Euro 2012,” tulis Twitter dalam blog.

Saat semakin banyak penggemar sepak bola menggunakan media sosial sepanjang kompetisi olah raga besar, catatan “tweet per second” baru ditetapkan terus-menerus. Rekor baru ini mengalahkan total tweet pada pertandingan final Super Bowl Februari lalu yang menghasilkan 12.233 tweet per detik selama tiga menit final.

Sebuah rekor sebelumnya ditetapkan selama pertandingan final Piala Dunia Wanita 2011. Pertandingan di Jerman itu menghasilkan 7.196 tweet per detik, termasuk 13 tweet dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Dalam pertandingan itu, tim Jepang mengalahkan Amerika Serikat pada adu penalti menyusul hasil imbang 2-2.

Salah satu orang yang mengeluarkan tweet pada pertandingan final Euro 2012 adalah Pele, pensiunan bintang sepak bola Brasil. Dia mengucapkan selamat kepada Spanyol dan berharap dapat menyaksikan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya