SOLOPOS.COM - Apa itu DVB-T2 untuk siaran TV Digital. (Siarandigital.kominfo.go.id)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) yang merupakan gabungan televisi swasta nasional menyediakan 4,3 juta set top box (STB) gratis bagi masyarakat kategori miskin.

STB adalah perangkat yang dibutuhkan agar masyarakat yang masih menggunakan TV analog dapat menikmati siaran TV digital.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan bantuan STB dari TV swasta itu hanya untuk rumah tangga miskin ekstrem (RTM) yang nama dan alamatnya tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Selain itu nama-nama itu sudah diverifikasi dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, lalu verifikasi dan validasi oleh pemerintah kabupaten dan kota.

Baca Juga:  Kabar Gembira! TV Swasta Sediakan 4,3 Juta STB Gratis untuk Warga Miskin

Berikut cara mengecek penerima STB gratis:

1. Membuka website https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/

2. Memasukkan NIK dan kode captcha pada kolom yang tersedia

3. Klik “Pencarian”

Baca Juga: Menkopolhukam Mahfud Md Tegaskan MNC Group dkk Berstatus Ilegal

4. Jika terdaftar sebagai penerima bantuan, dapat menghubungi Call Center 159 atau mendatangi lokasi Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli.

5. Jika mengalami kendala dalam mengakses website, masyarakat dapat menghubungi Call Center 159 atau nomor telepon posko.

Enam Posko di Jabodetabek:

– Provinsi DKI Jakarta (082123816097)

Hotel The Akmani Hotel (M-Floor, Ruang Venezia 2) Jl. H. Wahid Hasyim No. 91, Jakarta Pusat.

– Kota Depok (082123816099)

Hotel Bumi Wiyata (Lt. Dasar Ruang Wahidin), Jl. Margonda Raya No. 281, Kota Depok.

Baca Juga: Siaran MNC Group Dimatikan karena Analog, Hary Tanoe bakal Gugat Pemerintah

– Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi (082123816095): Hotel Amaroossa Grande (Lt. Lobby, Ruang Taj Mahal), Jl. A. Yani. No.88, Kota Bekasi

– Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang (082123816096): Hotel Novotel (Lt. PL, Ruang Eureka), Jl. Jenderal Sudirman No.1, Kota Tangerang.

Baca Juga: Masih Ada Stasiun TV Swasta Belum Bermigrasi ke Digital, Ini Daftarnya

– Kota Tangerang Selatan (082123816098): Grand Zuri BSD City (Lt. 2, Ruang Mulia 4), Jl. Pahlawan Seribu, Kota Tangerang Selatan.

– Kota Bogor, Kabupaten Bogor (081212820047): Hotel Salak The Heritage (Lt. 2 Ruang Batu Tulis, Lt. 1 Ruang Burangrang), Jl. Ir. H. Juanda No. 8, Kota Bogor.

Baca Juga: Siaran TV Analog Resmi Dimatikan, Menkominfo Anggap Sejarah Baru

– Posko Respons Cepat Penanganan Bantuan STB di wilayah Jabodetabek mulai beroperasi sejak tanggal 2 hingga 4 November 2022, jam 08.00 WIB–19.00 WIB.



Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Stasiun TV Swasta Sediakan 4,3 Juta STB Gratis untuk TV Analog, Ini Perinciannya”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya