SOLOPOS.COM - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ridwan Kamil menjadi pembicara dalam acara Golkar Institute di Jakarta, Senin (13/3/2023). (ANTARA/Imam Budilaksono)

Solopos.com, JAKARTA — Peluang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tertutup setelah Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar itu memilih fokus dalam Pilkada Jawa Barat.

Ridwan Kamil memastikan dirinya akan maju lagi dalam Pilkada Jawa Barat pada 2024 mendatang.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Ia fokus dalam kontestasi Pilkada Jawa Barat meskipun hasil survei sejumlah lembaga menunjukkan elektabilitasnya cukup baik untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Saya ini adalah objek dalam survei, kalau hasilnya lumayan, ya alhamdulillah karena ada kerja-kerja yang dilakukan. Namun saya fokus di Pilkada Jawa Barat di periode kedua,” kata Ridwan Kamil di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Dia mengakui hasil survei berbagai lembaga menunjukkan elektabilitasnya cukup baik untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Namun dirinya harus berkomunikasi dengan internal Partai Golkar jika ingin ikut kontestasi Pilkada DKI Jakarta.

“Kalau pindah provinsi (kontestasi Pilkada), harus ‘ngobrol’ dengan partai yang menentukan komposisi. Namun yang sudah ada di depan mata adalah Pilkada Jabar,” ujarnya.

Selain itu menurut dia, terkait Pilpres 2024, dirinya mendukung Airlangga Hartarto maju sebagai bakal calon presiden yang akan diusung Partai Golkar.

Sikapnya tersebut mengikuti keputusan yang telah diambil Golkar untuk mengusung Airlangga di Pilpres 2024.

“Kalau hasil survei (nama) saya ada di mana-mana, itu tidak bisa dihindari namun saya taat pada aturan yang ada di Golkar yaitu mengusung Pak Airlangga sebagai capres,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Kang Emil mengatakan dirinya akan maksimal melaksanakan kerja-kerja politik menggalang pemilih untuk kepentingan dan memenangkan Partai Golkar di Pemilu 2024.

Diproyeksi Gubernur

Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil resmi bergabung ke Partai Golkar, Rabu (18/1/2023).

Dia telah menerima kartu tanda anggota (KTA) dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan Ridwan Kamil lebih diproyeksikan kembali menjadi gubernur daripada bertarung di Pilpres 2024.

“Peluang besar Pak Emil untuk posisi jabatan berikutnya, Gubernur Jawa Barat,” ujar Doli saat ditemui DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (19/1/2023).

Dia menjelaskan ada dua alasan mengapa Kang Emil lebih berpeluang menjadi gubernur kembali.

Pertama, dia merupakan Gubernur Jawa Barat petahana. Kedua, baru menjabat satu periode dan namanya masih masuk dalam tokoh-tokoh populer dalam survei.

“Jadi saya kira proyeksi ke depan paling visible [kelihatan], yang paling besar peluang, kembali menjadi cagub [calon gubernur],” ujar Ketua Komisi I DPR itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya