SOLOPOS.COM - Persib Bandung dan Barito Putra bermain imbang 1-1 pada laga pamungkas Liga 1 akhir maret lalu di Bali. (Persib)

Solopos.com, JAKARTA—Empat pendukung Persipura Jayapura menggugat hasil kemenangan Persib Bandung melawan Barito Putra pada pertandingan Liga 1 lalu.

Mereka menuding kedua klub telah bermain mata alias sepak bola gajah yang mengakibatkan Persipura terdegradasi dari Liga 1.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Sekadar informasi, dalam pertandingan yang berlangsung pada akhir Maret 2022 lalu, Persib dan Barito Putra bermain imbang 1-1. Hasil imbang tersebut menyelamatkan Barito, tetapi membuat klub kebanggaan orang Papua Persipura Jayapura masuk zona degradasi.

Baca Juga: Nyesek! PSIS Semarang Dibantai Persipura 0-4

Adapun keempat pendukung Persipura yang menggugat hasil pertandingan tersebut antara lain Emilianus Tikuk, Yan Piet Sada, Yulianus Dwaa, dan Paul Vincent Mayor terdaftar pada Kamis (14/4/2022).

Gugatan ini ditujukan kepada 4 pihak sekaligus yakni PSSI, Persib Bandung, Barito Putra, dan David da Silva (penyerang Persib Bandung). Dalam petitumnya, seperti dilansir dari Bisnis, Senin (18/4/2022),  keempat penggungat meminta majelis hakim mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya.

Pertama, membatalkan hasil pertandingan Persib lawan Barito Putra atau setidak tidaknya digelar pertandingan ulang dan disaksikan penonton secara offline. Kedua, menyatakan pertandingan antara Persib dan Barito Putra adalah memainkan sepak bola gajah yang melanggar prinsip fair play dan merupakan perbuatan melawan hukum yang sangat merugikan para penggugat.

Baca Juga: Kiper Barito Putra Dipertahankan, Ini Sosok Pengganti Harlan Suardi

Ketiga, menyatakan klub kebanggaan para penggugat, Persipura Jayapura batal degradasi dan tetap sebagai peserta Liga 1. Keempat, melarang pemain Persib Bandung atas nama “Da Silva” untuk bermain dalam kompetisi sepak bola di seluruh Indonesia.

Kelima, menghukum para tergugat, karena salahnya untuk membayar ganti kerugian kepada para penggugat. Kerugian materiil sebanyak Rp1 miliar dan immateril yang tidak disebutkan jumlahnya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Isu Sepak Bola Gajah, Hasil Laga Persib vs Barito Putra Digugat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya