SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers sebelum keberangkatannya ke Jerman di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (15/4/2023). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tren penyebaran Covid-19 kembali meningkat, Rabu (19/4/2023), seiring masyarakat yang mulai mudik.

Presiden mengingatkan pentingnya vaksinasi baik dosis pertama hingga booster kedua, sebagai penangkal peningkatan Covid-19.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Peringatan itu disampaikan Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu.

“Saat ini penyebaran Covid-19 mulai agak meningkat, tetapi kita tidak perlu menyikapinya secara berlebihan. Dan untuk itu saya mengingatkan kembali pentingnya vaksinasi, baik vaksinasi pertama dan kedua, maupun booster yang pertama dan kedua,” ucap Presiden.

Kepala Negara meminta masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk menekan kasus Covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti dalam hal penggunaan masker jika sedang merasa sakit.

“Saya meminta bagi mereka yang merasa flu atau demam agar menggunakan masker, demikian juga dengan yang memiliki komorbid gunakanlah masker, dan jika bertemu dengan lanjut usia juga sebaiknya menggunakan masker,” tandasnya.

Presiden asal Solo juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap patuh menjaga kebersihan dengan mencuci tangan seusai berkegiatan.

“Terakhir jangan lupa untuk mencuci tangan setelah kita berkegiatan,” pungkas Jokowi.

Sebagai informasi, dua hari terakhir kasus Covid-19 di Tanah Air nyaris menyentuh angka 1.000 pasien.

Sementara di India, subvarian Omicron XBB 1.16 atau disebut Arcturus disebut sebagai biang kerok lonjakan kasus Covid-19.

Para ilmuwan di Universitas Tokyo menemukan varian Arcturus 1,2 kali lebih menular daripada strain Kraken yang sebelumnya juga menjadi sorotan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Mereka memperingatkan, subvarian Arcturus akan menyebar ke seluruh dunia dalam waktu dekat.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Mudik Lebaran 2023, Covid-19 Meningkat, Jokowi: Ingat Vaksinasi!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya