SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (Dok/JIBI)

Transportasi Kereta Api, Daops V/Purwokerto mengklaim animo KA Joglokerto cukup tinggi.

Solopos.com, PURWOKERTO–Vice President PT Kereta Api Indonesia Daops v/Purwokerto,  Safrudiansyah, mengatakan animo penumpang Kereta Api (KA) Joglokerto jurusan Solo-Yogyakarta-Purwokerto pergi pulang (pp) cukup tinggi meskipun baru dipublikasikan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Ini [KA Joglokerto] legalitasnya baru disetujui kemarin [Kamis (24/9/2015)]. Jadi, kami punya waktu untuk mempublikasikan hanya satu hari,” ujar dia seusai pemberangkatan perdana KA Joglokerto jurusan Purwokerto-Yogyakarta-Solo di Stasiun Besar Purwokerto, Jumat (25/9/2015).

Seperti dilansir Antara, dia mengatakan jumlah penumpang tujuan Yogyakarta dan Solo yang diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto mencapai 106 penumpang.

Sementara jumlah penumpang KA Joglokerto dari Yogyakarta tujuan Purwokerto sebanyak 30 orang dan penumpang yang berangkat dari Stasiun Solobalapan sebanyak 237 orang.

“Jika dibandingkan penumpang dari Yogyakarta tujuan Purwokerto, berarti lebih banyak penumpang yang diberangkatkan dari Purwokerto karena mencapai 106 orang sedangkan dari Yogyakarta hanya 30 orang. KA Joglokerto sebenarnya Solo-Yogyakarta-Purwokerto, jadi mungkin yang dia kejar Solo-Yogyakarta, kalau kita yang ingin dikejar Yogyakarta sampai Solo,” jelasnya.

Dia mengatakan KA Joglokerto hadir berdasarkan permintaan dari masyarakat. Dalam hal ini, kata dia, berdasarkan survei PT KAI diketahui bahwa banyak masyarakat di wilayah Banyumas dan sekitarnya yang ingin bepergian dengan kereta api pada kisaran pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Selain itu, lanjut dia, bepergian dengan jasa kereta api lebih efisien karena dari sisi waktu untuk jarak Purwokerto-Yogyakarta hanya butuh tiga jam sedangkan Yogyakarta-Solo hanya satu jam.

Menurut dia, jarak Purwokerto-Yogyakarta jika menggunakan angkutan jalan raya membutuhkan waktu empat hingga lima jam.

“Jadi itu alasan utama diluncurkannya KA Joglokerto,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan menjajaki kemungkinan KA Joglokerto diberangkatkan dari Purwokerto menuju Yogyakarta dan Solo pada pagi hari.

KA Joglokerto untuk sementara hanya dioperasikan satu kali dalam sehari, yakni dari Solo menuju Yogyakarta dan Purwokerto kemudian kembali lagi ke Yogyakarta dan Solo.

“Sementara ini dulu [dari Solo ke Purwokerto dan kembali ke Solo]. Kita jajaki juga kemungkinannya [diberangkatkan dari Purwokerto ke Solo dan kembali ke Purwokerto] karena untuk mengevaluasi paling tidak butuh waktu satu bulan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya