SOLOPOS.COM - Foto yang diambil dari siaran berita TV lokal memperlihatkan sejumlah korban tewas di jalanan dekat stadion di Kota Abidjan, Pantai Gading, setelah terimpit dan terinjak-injak dalam kekacauan yang terjadi saat perayaan tahun baru. (youtube.com)

Foto yang diambil dari siaran berita TV lokal memperlihatkan sejumlah korban tewas di jalanan dekat stadion di Kota Abidjan, Pantai Gading, setelah terimpit dan terinjak-injak dalam kekacauan yang terjadi saat perayaan tahun baru. (youtube.com)

ABIDJAN – Setidaknya 60 orang tewas akibat terim[pit dan terinjak-injak dalam kekacauan yang terjadi saat perayaan tahun baru di luar stadion di Abidjan, kota utama di Pantai Gading. Aparat setempat, Selasa (1/1/2013) mengungkapkan tragedi ini terjadi di dekat Stadion Felix Houphouet Boigny, di mana ribuan warga berkumpul untuk menyaksikan pesta kembang api.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Salah satu korban luka yang ditemui di rumah sakit menyebut, kekacauan terjadi setelah aparat keamanan mencoba memecah kerumunan orang. Namun hal itu justru memicu kepanikan di mana banyak yang lantas terjatuh sehingga terimpit dan terinjak-injak. “Jumlah korban tewas sementara 60 orang dan 49 orang terluka,” sebut Menteri Dalam Negeri Hamed Bakayoko dalam pernyataan yang disiarkan di TV nasional setempat.

Presiden Alassane Ouattara yang kemudian menjenguk para korban cedera yang dirawat di rumah sakit menyatakan musibah ini sebagai tragedi nasional. Dia juga menegaskan penyelidikan sudah dimulai untuk menentukan apa penyebab insiden itu sesungguhnya.

Insiden ini adalah yang terburuk di negeri Afrika Barat itu sejak 2010, di mana saat itu terjadi kekacauan di stadion saat pertandingan sepak bola yang menewaskan 18 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya