SOLOPOS.COM - Marzuki Alie (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

Marzuki Alie (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

JAKARTA-Tragedi kemanusiaan berupa pengusiran etnis Rohingya di Myanmar membuat DPR tidak tinggal diam. Apalagi, parlemen Indonesia, yang diketuai Marzuki Alie, ditunjuk sebagai Presiden ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Ketua DPR selaku Presiden AIPA sudah berkirim surat dua hari lalu, atas saran Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP),” kata Ketua BKSAP Surahman Hidayat kepada jurnalparlemen.com, Senin (30/7/2012).

Lebih dari itu, Surahman juga mempertanyakan kepada Marzuki Alie selaku Presiden organisasi Parlemem Negara-negara Anggota Konferensi Islam (PUIC) agar berkomunikasi dengan OKI (Organisasi Konferensi Islam). “Agar dicari solusinya,” tegas politisi PKS ini.

Nantinya, lanjut Surahman, BKASP pun akan membahasnya pada rapat pimpinan. Kemungkinan lain, BKSAP akan mengirimkan delegasi ke Myanmar untuk melihat fakta di sana. Saat ini, Surahman sedang berada di India dalam rangka sidang parlemen se-Asia.

Pembantaian etnis Rohingya yang beragama Islam di Myanmar membuat dunia terkejut. Ratusan orang Rohingya terusir, sebagian terbunuh dalam bentrokan dengan aparat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya