SOLOPOS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddinn (Kemenag.go.id)

Tragedi di Mina menelan ribuan korban jiwa. Menteri Agama menyatakan percaya dengan penyidikan kepada pemerintah Arab Saudi.

Solopos.com, SOLO – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan pihaknya tidak dalam posisi untuk melakukan investigasi terhadap faktor penyebab peristiwa Mina yang telah menimbulkan korban jemaah haji dari berbagai negara termasuk jemaah Indonesia. Ia mempercayakan penyidikan kepada pemerintah Arab Saudi.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Kementerian Agama tidak dalam posisi untuk melakukan investigasi terhadap faktor penyebab peristiwa Mina ,” kata Menag kepada wartawan usai melantik Rektor IAIN Jambi di kantor Kemenag Jalaan Lapangan Banteng Jakarta, Senin (5/10/2015).

Dilanjutkan oleh Menag seperti dilansir Kemenag.go.id, Senin, pihaknya mempercayakan sepenuhnya kepada pemerintah Arab Saudi untuk menjelaskan  apa yang menjadi penyebab musibah yang terjadi pada Kamis, 24 September lalu di kawasan jamarat Mina.

Mengenai keberadaan tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri, Menag mengatakan, keberadaan tim ini membuat proses identifikasi dan verifikasi jenazah korban Mina yang diduga jemaah haji asal Indonesia menjadi lebih cepat.

Bahkan, kata Menag, tim DVI sudah melakukan rapat korrdinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Mekah.

“Dan mereka segera sudah bergabung dengan tim dari pemerintah Saudi Arabia untuk melakukan identifikasi,” ujarnya.

Menag juga mengatakan, pemerintah tidak dalam atau upaya untuk memulangkan jenazah jemaah haji Indonesia, karena selain tidak mudah, juga pihak keluarga pada umumnya telah merelakan agar jenazah dimakamkan di Tanah Suci.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya