SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ilustrasi (dok)SOLO--Trafik layanan data di sejumlah operator seluler tercatat tumbuh luar biasa. Hal ini terutama tampak pada saat momentum perayaan hari besar, seperti yang belum lama ini berlangsung, yakni Natal dan Tahun Baru.

Peningkatan trafik sempat berimbas pada sulitnya komunikasi pada malam pergantian tahun di sejumlah titik di Solo, terutama di Jl Slamet Riyadi. Selama momentum tersebut trafik layanan dasar, yakni telepon dan SMS, tetap meningkat.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Namun peningkatan trafik layanan data mulai melebihi layanan dasar. Supervisor Corporate Communications Telkomsel Area Jateng dan DIY, Dito Respati, mengatakan peningkatan trafik sangat terasa saat malam pergantian tahun. “Terasa meningkat tajam, khususnya untuk layanan data. Masyarakat sekarang rupanya pilih memakai internet untuk menyampaikan ucapan tahun baru atau yang lain,” kata Dito, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (5/1/2012).

Berdasarkan data pihaknya, secara nasional layanan data Telkomsel mengalami peningkatan tertinggi dibandingkan dengan Tahun Baru 2011, yaitu 280,4% (213 terra bytes), atau meningkat hampir 100% dibandingkan pemakaian hari normal. Trafik data tertinggi terjadi di wilayah Jabodetabek. Sedangkan, layanan dasar juga meningkat. Untuk trafik telepon meningkat hingga1,99 milyar menit atau naik 112,6% dibanding trafik hari normal. Trafik SMS melonjak hingga 1,82 milyar SMS atau naik 136%.

(JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya