SOLOPOS.COM - Wisudawan terbaik dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK UIN Walisongo Semarang, Nilal Muna Fatmawati. (Istimewa).

Solopos.com, SEMARANG — Ada yang menarik dalam acara wisuda di UIN Walisongo Semarang kali ini, Rabu (8/11/2023). Salah satu wisudawan terbaiknya yaitu Nilal Muna Fatmawati lulus melalui jalur non-skripsi.

Wisudawan terbaik dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK UIN Walisongo Semarang ini lulus dengan menulis artikel ilmiah berjudul Analisis Pergeseran Stigma Gender Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Artikel tersebut terbit di Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini terindeks Sinta 2. Tidak hanya itu, Nilal Muna lulus singkat, dengan menempuh pendidikan dalam waktu 3 tahun 26 hari.

Putri dari Bapak Atmiko yang setiap harinya bekerja sebagai penawar jasa angkut ini tidak pernah putus asa dalam menyelesaikan kuliahnya.

Perjalanan perkuliahan bagi Nilal Muna tidak mudah. Awalnya dia harus menghadapi tantangan ketidakpercayaan diri dari segi kemampuan berfikir dan finansial.

Namun tekatnya kuat dan dia percaya bahwa melalui pendidikan setiap orang bisa merubah nasibnya. Keberhasilannya tidak lepas dari dukungan dari orang tuanya untuk tetap berkuliah.

Nilal Muna mendapatkan apresiasi sebagai wisudawan terbaik dari FITK UIN Walisongo, pemberian apresiasi dilaksanakan pada prosesi wisuda UIN Walisongo periode November 2023 bersama dengan 628 wisudawan lainnya.

Wisuda dilaksanakan pada Rabu ( 8/11/2023) di Gedung Tgk.Ismail Yaqub. Wisuda dipimpin langsung oleh Plt.Rektor UIN Walisongo Prof.Dr.Nizar,M.Ag.

Lulusan Non-Skripsi

Sebelum ini, UIN Walisongo sudah menerapkan lulus non-skripsi bagi mahasiswanya sesuai dengan Permendikbudristek No.53 Tahun 2023.

Mahasiswi asli dari Kota Semarang ini aktif dalam menulis berbagai artikel ilmiah. Beberapa di antaranya adalah Development of Educational Game Tool, Magic Spinman to improve the Fine Motor Skill off Early Childhood Education Student yang terbit di Jurnal Al Athfaal Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Terindeks Sinta 3.

Dia juga menulis artikel yang berjudul Menggali Makna Kemerdekaan HUT RI bagi Masyarakat Urban (Studi Kasus di Meteseh Tembalang) terindeks Sinta 5.

Tidak hanya menulis di berbagai jurnal ilmiah, Nilal juga aktif diforum ilmiah dengan mengikuti International Conference Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini dengan menyampaikan papernya yang berjudul  Doconstruction of Early Childhood Gender Stigma Study At RA Hj.Sri Musitarti Semarang.

Meskipun dengan orang tua tunggal karena Ibunya meninggal sejak usia lima tahun, Nilal Muna semangat terus berkarya menulis artikel ilmiah dia juga menulis Buku Ber ISBN yang diterbitkan di Fatiha Media dengan judul Strategi Pembelajaran Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini Berbasis Genetik STIFIn.

Wisudawan yang lulus denga IPK 3,92 ini juga aktif mengikuti berbagai lomba penulisan karya tulis ilmiah tingkat nasional. Dia juga mengikuti program KKN Internasional di Malaysia.

Nilal Muna menyampaikan kiat darinya agar bisa lulus cepat, pertama tentukan tujuan kalian ingin lulus pada semester berapa dan fokus serta jalani dengan kesabaran dan keikhlasan.

Kiat selanjutnya yakni mengatur waktu dengan baik dan jangan menyerah. Lulus non-skripsi dengan artikel jurnal lebih berkualitas dan memudahkan karena bisa mempersiapkan jauh hari.

Nilal juga meminta pahami caranya, tips, dan strategi. Nilal mempersiapkan artikelnya di semester 5 sehingga dia bisa lulus di Semester 7. Plt.Rektor UIN Walisongo Prof.Dr.Nizar menyampaikan.

“Saya mengapresiasi prestasi mahasiswa yang bisa lulus Non skripsi. Sekarang dimulai adanya keputusan S1,S2 dan S3 bisa lulus Non Skripsi.Kewenangan ada di PT masing masing, Kalau dirasa mahasiswa dari segi akademik sudah mampu dan melewati tahapan penilaian secara komprehensif di level prodi dan fakultas. Kelulusan non skripsi ini merespon kebijakan kementrian adanya pilihan lulus Non skripsi,”pungkasnya.

Lulus non-skripsi bisa mempercepat kelulusan mahasiswa dengan mempertanggungjawabkan secara akademik bisa melalui karya yang ujian secara komprehensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya