SOLOPOS.COM - Wapres, Ma'ruf Amin. (Antara)

Solopos.com, JAKARTAWakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menolak tren gaya hidup childfree atau keputusan pasangan yang memilih tidak memiliki anak yang sedang ramai di masyarakat.

Salah satu influencer yang mengampanyekan childfree adalah Gita Savitri alias Gitasav.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Menurut Wapres, konsep gaya hidup childfree bertolak belakang dengan salah satu program pemerintah yaitu untuk menekan angka stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang.

Apalagi, salah satu fungsi dari pernikahan salah satunya untuk memiliki keturunan yang akan menjadi generasi penerus bangsa untuk menyambut bonus demografi ke depan.

“Bahkan, dalam program penanggulangan stunting tidak ada program dengan [tidak punya anak]. Tentu apa namanya itu, childfree? ya, jadi itu tidak ada. Karena pernikahan itu kan memang dimaksudkan untuk mengembangbiakan manusia agar bisa mengelola bumi ini sampai ke batas waktu terakhirnya sampai kiamat,” tutur Wapres kepada wartawan dikutip melalui Youtube Sekretariat Wapres, Jumat (10/2/2023).

Mantan Rais Aam PBNU ini menilai apabila gaya hidup tersebut menjadi tren yang diadopsi oleh banyak masyarakat di Tanah Air, maka akan menjadi masalah ke depan.

Salah satunya akan terjadinya resesi seks yang tengah ramai menghantui sejumlah negara di dunia, khususnya negara-negara maju.

“Nah, kalau nanti dia tidak punya anak, lantas dunia ini terus siapa yang melanjutkan? Jadi enggak ada. Enggak ada yang jadi wartawan, enggak ada yang mengisi profesi tertentu, karena enggak ada keturunan. Saya kira keturunan itu bagian daripada fungsi pernikahan mungkin itu penting,” paparnya.

Meski begitu, mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia ini menilai merupakan cerita berbeda apabila terdapat pasangan yang memilih untuk menunda memiliki anak untuk beberapa tahun setelah menikah.

“Berbeda kalau menunda mungkin, kalau menunda satu tahun, dua tahun itu tidak ada masalah namanya mengatur perkawinannya supaya tidak langsung punya anak dia menunda dua tahun nanti siap-siap begitu kemudian [baru punya anak] itu tidak masalah,” ucap Wapres.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Dear Gitasav, Ma’ruf Amin Tolak Childfree: Nanti Dunia di Urus Siapa?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya