SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS), JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto, PESTA BUKU--Pengunjung memilih berbagai buku yang dijual dalam Pesta Buku Murah di Toko Buku Gramedia, Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (27/6). Acara yang menawarkan harga buku mulai Rp 5.000/buah tersebut digelar hingga 11 Juli mendatang.

Ilustrasi (Dok. SOLOPOS), JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto, PESTA BUKU--Pengunjung memilih berbagai buku yang dijual dalam Pesta Buku Murah di Toko Buku Gramedia, Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (27/6).

Solo (Solopos.com)–Sejumlah toko buku menggeber promo khusus selama hari Lebaran. Toko Buku Gramedia misalnya, menggelar pameran buku murah bertajuk Bursa Buku Ramadan pada 20 Agustus-11 September.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Supervisor Penjualan Gramedia Solo, Astrit Herlina, mengatakan pameran buku murah menawarkan ratusan ribu buku dengan harga flat bervariasi, dari Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 15.000 hingga harga puluhan ribu. Promo harga murah tersebut sekaligus menangkap momen lonjakan pengunjung selama Lebaran yang mencapai 40% dibandingka hari-hari normal.

“Setiap tahun ada tiga kali kunjungan ramai, yaitu pada Desember-Januari, Juni-Juli dan satu lagi saat Lebaran. Karena pada saat Lebaran, pengunjung bukan hanya warga Solo, melainkan juga dari luar yang mudik ke Solo,” terang Astrit, saat ditemui Espos, di hari perdana pembukaan pameran buku, Sabtu (20/8/2011).

Khusus selama momen Lebaran, dia melanjutkan, Gramedia menghadirkan buku-buku bertema religi, baik dalam bentuk novel maupun cerita anak. Selain itu, buku-buku umum juga tersedia. Astrit menambahkan buku-buku komputer biasanya banyak dicari pada momen seperti ini, untuk itu pihaknya juga menyediakan berbagai macam buku komputer yang dapat menjadi pilihan kustomer.

Disinggung mengenai omset, dia mengatakan momen Lebaran biasanya mampu mendongkrak omset sampai 30%. Hal itu selain dipicu lonjakan pengunjung, juga disebabkan pembeli menambah volume buku.

“Memberikan THR (tunjangan hari raya-red) dalam bentuk uang, boleh jadi terlihat kecil nilainya. Tapi ketika diberikan dalam bentuk buku, nilainya terasa lebih besar. Banyak korporat atau rumah tangga yang memborong buku untuk karyawan atau kerabat, terutama yang punya anak-anak, buku-buku anak disediakan murah.”

(tsa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya