SOLOPOS.COM - Seorang warga menunjukkan granat yang terlempar pascakebakaran gudang amunisi Yon Armed 7/105 GS Bantar Gebang di Cluster Kota Wisata Cibubur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024). Penyebab kebakaran gudang aminisi tersebut masih dalam penyelidikan pihak berwenang. ANTARA FOTO/ M Adimaja/wpa/foc.

Solopos.com, BOGOR – Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi meminta TNI mempertimbangkan relokasi Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di Desa Ciangsana, Bogor, Jawa Barat yang meledak pada Sabtu (30/3/2024) malam.

Bobby mengakui permukiman penduduk berkembang setelah gudang amunisi tersebut dibangun. Meski demikian, lanjutnya, keselamatan warga sipil tetap harus diprioritaskan.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Dalam rapat terdekat [antara Komisi I DPR dengan TNI], hal ini akan ditanyakan, apakah lokasi-lokasi gudang militer yang dalam lokasi padat permukiman penduduk masih layak dipertahankan atau sudah saatnya direlokasi,” ucap Bobby saat dikonfirmasi, Senin (1/4/2023), dilansir Bisnis.com.

Ketua DPD Golkar Sumatra Selatan ini berpendapat, munculnya permukiman penduduk di sekitar gudang militer bukan salah siapa-siapa. Menurutnya, pembangunan permukiman zaman dulu belum diantisipasi. Bobby bersyukur tidak ada korban jiwa dalam ledakan Gudmurah Kodam Jaya di Desa Ciangsana akhir pekan lalu.

Meski demikian, dia menekankan tetap perlu adanya upaya penyelidikan terutama di permukiman penduduk. “Tindakan preventif harus segera dilakukan dan disisir bilamana ada granat atau amunisi yang tersebar seperti yang ada di medsos, ada yang di rumah penduduk,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bobby menggarisbawahi ledakan tersebut tidak sedahsyat ledakan gudang amunisi di Cilandak KKO Marinir pada 29 Oktober 1984. Namun, sambungnya, musibah tersebut harus segera diselidiki dan dievaluasi.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menjelaskan berdasarkan dugaan sementara ledakan gudang tersebut disebabkan oleh amunisi kedaluwarsa yang sangat sensitif dengan gesekan. “Bisa, bisa dari situ. Sementara bisa dari itu salah satunya [penyebabnya], ya,” kata Agus di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/3/2024).

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Anggota DPR Minta TNI Pertimbangkan Relokasi Gudang Amunisi Pascakebakaran”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya