SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: arsipberita.com)

Ilustrasi (Foto: arsipberita.com)

Solo (Solopos.com)–Tenaga kerja asal Indonesia atau TKI sektor formal menjadi favorit di Malaysia dan Brunei Darussalam. Setiap tahun ratusan orang dari Soloraya dikirim ke dua negera tersebut.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Recruitment & Selection PT Sarana Insan Mandiri, perusahaan penyalur tenaga Indonesia, Rahmat Gunawan, mengatakan TKI menjadi favorit lantaran dikenal cekatan, dan memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang tinggi.

Dibandingkan dengan tenaga kerja dari negara lain, seperti India dan Pakistan, TKI lebih disukai. “Biasanya, kalau tenaga wanita, setahun kerja sudah jadi leader. Bisa dilihat, hampir semua tenaga leader untuk sektor formal dipegang tenaga asal Indonesia. TKI memang favorit di sana,” jelas Rahmat, saat ditemui Espos, di sela-sela mengikuti Pameran Bursa Kerja di Graha Wisata Niaga, Rabu (20/7/2011).

Tingginya minat perusahaan dari negara tetangga pada TKI, juga diakui Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Solo, Singgih Yudoko.

Ditemui sesuai pembukaan bursa kerja, Singgih mengatakan saat ini dibutuhkan 150 orang untuk mengisi pekerjaan di Malaysia dan Burnei Darussalam. Perusahaan tersebut bergerak di sektor formal. Singgih menegaskan pihaknya sengaja mencoret pengiriman tenaga kerja sektor informal atau untuk pembantu rumah tangga (PRT).

(tsa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya