SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri akan dapat berkuliah di Universitas Terbuka (UT) setelah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) bekerjasama dengan UT.

“TKI kita sering mengalami masalah banyak disebabkan karena rendahnya pendidikan mereka. Nah, bagi TKI yang sudah bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi bisa mengikuti kuliah jarak jauh setelah kerjasama Kementerian dan UT ditandatangani,” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar di kantornya di Jakarta, Senin (8/2) seusai menerima jajaran pimpinan Universitas Terbuka.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Muhaimin mengatakan dengan mengenyam pendidikan tinggi, diharapkan TKI bisa lebih mandiri dan mengerti akan hak-hak mereka jika dilanggar.

Menakertrans menerima Rektor Universitas Terbuka Prof. Ir. Tian Belawati Med, Phd dan rombongan dalam rangka persiapan penandatanganan MoU kerjasama antara pihaknya dengan Universitas Terbuka dalam bidang layanan layanan pendidikan untuk TKI.

Sedangkan Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati Med, Phd menambahkan TKI adalah aset dan duta bangsa di luar negeri yang harus dilindungi dan diberikan bekal yang cukup terutama pengetahuan.

“Universitas Terbuka akan membantu semaksimal mungkin pemberdayaan TKI melalui pendidikan ini dengan membuka kelas-kelas pengajaran jarak jauh. Dalam waktu dekat, UT akan meresmikan salah satu kelas TKI di Hongkong,” katanya.

Menakertrans bertekad bahwa nantinya TKI yang dikirim ke luar negeri adalah bukan TKI dengan tingkat pendidikan yang rendah sehingga pelecehan TKI kita tidak lagi terjadi.

“Sekarang 80 persen masih didominasi oleh lulusan SMP ke bawah, tahun-tahun depan harus kita balik lulusan SMA dan perguruan tinggi harus lebih banyak,” tegas Menakertrans.

Sekarang ini tercatat bahwa TKI yang bekerja di Hongkong telah memanfaatkan sejumlah lembaga pendidikan tinggi untuk melanjutkan sekolah mereka yang dari tahun ke tahun peminatnya terus bertambah.

Kerjasama antara Kementerian Nakertrans dan Universitas Terbuka rencananya juga akan meliputi beberapa sektor selain TKI yaitu bidang keterampilan kerja dan ketransmigrasian.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya