SOLOPOS.COM - (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Keraton Solo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Sekitar 100 siswa pra-TK dan TK Lazuardi Kamila mengikuti outing class ke Keraton Solo, Selasa (22/1/2013).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kegiatan itu untuk mengenalkan siswa pada sejarah dan kebudayaan Jawa.

Para siswa diajak berkeliling museum Keraton Solo dengan bergerombol sambil mendapatkan penjelasan dari pemandu wisata. Siswa tampak tertarik mengamati benda-benda peninggalan sejarah seperti patung-patung dan gambar-gambar.

Salah satu siswa, Faren mengaku tertarik saat melihat patung-patung yang dipajang di dekat pintu masuk. Selain itu, benda-benda yang disimpang di lemari kaca juga membuat dia penasaran. Dia tampak mengamati dengan cermat benda berbentuk manusia berukuran kecil dengan kostum Jawa. Matanya memburu dari satu patung ke patung lain.

Sedangkan siswa lainnya, Farel, tampak terus memegangi baju guru pembimbingnya, sambil sesekali bersembunyi di belakang guru ketika melewati patung yang berukuran lebih besar dari badannya. Meski demikian, pertanyaan juga keluar lirih dari mulutnya.

“Rajanya mana pak?,” ujarnya.

Sementara itu, guru pembimbing, Joni Habibi, menjelaskan dengan kegiatan itu siswa diharapkan dapat tertarik untuk mempelajari sejarah Jawa. Setelah itu siswa juga diarahkan untuk mencintai kebudayaan lokal.

“Ternyata meskipun para siswa tinggal di Solo, sebagian besar mereka belum pernah kunjungan ke Keraton,” jelasnya saat ditemui Solopos.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya