SOLOPOS.COM - Titik 0 kilometer tol Trans-Jawa terletak di tol kota ruas Cawang-Tomang. (Instagram/ @muchson_ali)

Solopos.com, SOLO—Jalan Tol Trans-Jawa membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Jalan tol yang menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia Jakarta dan Surabaya ini memiliki panjang 1.167 km.

Dari jalan tersebut yang belum dioperasikan adalah ruas Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 164 km. Proyek tersebut kini masih dalam tahap pembebasan lahan. Ruas ini dijadwalkan dibangun pada 2022 dan selesai secara keseluruhan pada 2026.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Dari sekian fakta, banyak orang yang belum tahu di mana letak 0 (nol) KM Tol Trans-Jawa. Titik 0 kilometer ini juga merupakan bagian dari titik 0 kilometer Jalan Tol di Indonesia.

Baca Juga: Ingat, Ganjil Genap Mudik Lebaran 2022 Dilakukan Mulai Tol Japek

Nilai kilometer ini semakin ke timur angka kilometernya juga semakin besar begitupun sebaliknya.

Dikutip dari Instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR @pupr_bpjt, titik 0 kilometer jalan tol tersebut berada di Jakarta.

Titik 0 kilometer terletak di jalan tol dalam kota ruas Cawang-Tomang. Yakni berada di arah menuju timur Km 0 ruas Tol Cawang, arah ke Jakarta-Semanggi-Surabaya-Probolinggo.

Baca Juga: H-7 Lebaran, Pintu Tol Cikampek Utama Karawang Jabar Masih Lengang

Kemudian, letak Titik 0 Kilometer tersebut berada pada arah menuju barat Km 0 di ruas Tol Tomang, arah ke Jakarta-Tangerang-Merak.

Jadi, ketika Anda sedang melintas di tol Cawang maka terdapat tulisan 0 kilometer-nya, atau dapat melihatnya saat sedang berkendara dari Jalan Tol Cikampek menuju Tol dalam Kota Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya