SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Tips sukses jual beli online salah satunya adalah dengan teknik copywriting

Harianjogja.com, JOGJA-Copywriting yang baik dianggap sebagai salah satu kunci untuk meyakinkan calon pembeli khususnya di dunia jual beli online.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Founder dan CEO Billionaire Coach Dewa Eka Prayoga mengatakan, copywriting merupakan ilmu atau seni untuk menjual produk lewat kata-kata di media apapun. Copywriting memiliki tujuan untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli sebuah produk. Usahawan terutama yang menggunakan media online, diharapkan memahami cara membuat copywriting yang baik.

“Copywriting yang baik adalah yang sesuai dengan target market dan menghasilkan. Bukan yang menurut pelaku usaha bagus, tapi yang menurut target market bagus,” ungkap dia di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga dalam Seminar Ultimate Copywriting For Selling, Senin (8/6/2015).

Untuk membuat copywriting yang baik, usahawan harus memahami siapa target market mereka. Sangat dianjurkan untuk melakukan riset terlebih dahulu sehingga bisa menggunakan bahasa yang tepat sehingga mudah dimengerti target market. Selain itu, usahawan harus memahami kebutuhan pasar saat ini sehingga bisa menawarkan barang atau jasa yang tepat.

“Saat membuat copywriting, harus menggunakan bahasa yang positif. Target market itu 10 kali lipat lebih penting dari copywriting,” imbuh penulis buku best seller ini.

Menurutnya, ada susunan ideal saat membuat copywriting. Ada pun susunan tersebut headline, penawaran, alasan, bonus, testimoni, garansi, call to action, dan NB. Namun, pada prakteknya, ada beberapa poin yang tidak dicantumkan oleh pelaku usaha. Hal itu tergantung dari media yang digunakan.

“Nah, untuk headline sendiri, itu merupakan iklan dari iklan kita. Untuk menarik perhatian pasar,” lanjut dia.

Ia mengungkapkan, copywriting efektif untuk jual beli secara online. Namun, untuk jual beli secara offline, yang diperlukan adalah kemampuan menawarkan secara lisan kepada calon pembeli.

Salah satu pelaku usaha jual beli secara online Laila Fathimah mengungkapkan, untuk menawarkan produknya melalui facebook. Menurutnya, media tersebut cukup efektif menarik pelanggan karena bisa melihat bros yang ditawarkan. Selain itu, Laila juga memanfaatkan pusat belanja online untuk menawarkan produknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya