SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa kelas 3,SD Warga Solo sedang menyeberang sungai dengan jembatan kayu saat sesi outbound dalam kegiatan pembelajaran luar kelas atau outing class ke Tlatar Outbound Anava Etasia, Boyolali, Selasa (21/5/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Dalam rangka meningkatkan wawasan lingkungan dan melatih motorik siswa kelas 3, SD Warga Solo mengadakan kegiatan pembelajaran luar kelas atau outing class ke Tlatar Outbound Anava Etasia, Boyolali, Selasa (21/5/2024). Diikuti 34 siswa, kegiatan rutin tahunan tersebut berlangsung seru.

Guru kelas 3 SD Warga Solo, Markus Tri Bakti, mengatakan para siswa diberangkatkan dari Solo sekira pukul 07.30 WIB dengan menggunakan bus. Sesampainya di lokasi kegiatan para siswa langsung diajak untuk mengikuti sesi ice breaking dan dibagi ke beberapa kelompok untuk kegiatan outbound.

Promosi Keren, BRI Dinobatkan Lagi sebagai Tempat Kerja Terbaik oleh HR Asia

“Di lokasi kegiatan kami menyiapkan sejumlah gim yang bisa melatih motorik anak sekaligus bisa memberikan wawasan tentang lingkungan bagi siswa. Selain itu, mereka juga dilatih kerjasama dan kemandirian mereka,” kata dia.

Markus menuturkan sejumlah gim tersebut yaitu, flying fox, membuat jembatan dari matras, mengangkat gelas berisi air dengan taplak meja, menanam padi, memandikan kerbau, dan diakhiri berenang bersama. Kemudian sebelum pulang pihaknya juga memberikan hadiah bagi kelompok yang paling kompak.

“Dari sekian banyak gim, membuat jembatan dan mengangkat gelas dengan taplak menjadi gim yang berlangsung paling meriah. Lantaran di dua gim tersebut sangat menuntut kerja sama dan komunikasi ekstra dari para siswa,” ujar dia.

Namun, kata dia, sesi menanam padi dan memandikan kerbau juga tidak kelah seru. Lantaran menurut dia, kegiatan tersebut tidak ditemui oleh para siswa ketika di Solo.

“Saya berharap  nilai-nilai kemandirian, keberanian, ataupun wawasan baru yang diperoleh oleh para siswa selama outing class bisa terus diterapkan baik itu di lingkungan sekolah maupun rumah,”  imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya