SOLOPOS.COM - UKSW Salatiga menggelar Bimtek Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (kepada DRTPM) untuk Pendanaan Tahun 2024, Rabu (7/2/2024) di Balairung Universitas.(Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (kepada DRTPM) untuk Pendanaan Tahun 2024, Rabu (7/2/2024) di Balairung Universitas.

Kegiatan Bimtek ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin digelar oleh Kantor Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (RIK) melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UKSW. Sedikitnya, 120 dosen dari berbagai program studi (prodi) di UKSW menjadi peserta kegiatan ini.

Membuka kegiatan, Wakil Rektor RIK Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., dalam sambutannya mendorong dosen UKSW untuk mengajukan proposal  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Bagi yang sudah memiliki proposal, kita matangkan. Bagi yang baru memiliki idenya, dituangkan dan nanti akan dimentori,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Direktur DRPM UKSW Salatiga, Prof. Dr. Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom., M.Kom, mengungkapkan salah satu tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan jumlah proposal yang lolos hibah DRTPM. Terlebih, akhir tahun lalu UKSW berhasil masuk pada Klaster Mandiri.

“Dengan adanya acara ini diharapkan para peserta dapat lebih memahami dan menguasai teknik menyusun proposal yang baik dan benar. Dengan ini, kita menargetkan mendapatkan setidaknya 80 proposal yang akan didanai,” imbuhnya.

Disampaikannya, kegiatan ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu sosialisasi dan bimbingan teknis. Dua pembicara dihadirkan dalam sosialisasi yaitu Dosen Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Dr. Yohanes Martono, S.Si, M.Sc, dan Dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Dr. Evi Maria, SE., M.Acc., Ak., CA. Sementara itu, kegiatan bimtek dimentori oleh 10 dosen yang pernah menerima pendanaan.

Kiat Lolos

Dalam paparan materinya, Dr. Yohanes Martono menjabarkan panduan penelitian dan strategi lolos pendanaan DRTPM tahun 2024. Sementara itu, Dr. Evi Maria menjelaskan secara tuntas panduan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dan strategi lolos pendanaan DRTPM tahun 2024.

Dia mengungkapkan para dosen harus memahami proses seleksi administrasi sehingga dapat menentukan strategi untuk dapat lolos dalam seleksi. Dalam pembahasannya, ia juga mengulas beberapa hal penting diantaranya penjabaran ide penelitian yang jelas, kerangka pemikiran, dan metodologi yang tepat.

Sementara itu, Dr. Evi Maria menegaskan kunci lolos pendanaan yang pertama terletak pada administrasinya. “Sebagus apapun proposal yang diajukan, jika tidak taat terhadap panduannya, proposal tidak akan lolos,” tegasnya.

Ia juga menekankan pentingnya melakukan survei sebelum membuat proposal pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, dosen juga harus melakukan implementasi hasil riset tim PkM. “Hal lain yang harus diperhatikan adalah PkM harus dilakukan dengan melibatkan mahasiswa,” terang penerima hibah PkM Kemendikbud Ristek tahun 2019-2023 ini.

Setelah kegiatan ini, akan dilakukan bimtek lainnya sesuai dengan fokus proposal sehingga para dosen dapat menghasilkan proposal yang presisi sesuai dengan bidangnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya