SOLOPOS.COM - Direktorat Kealumnian dan Karier (DKK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima sejumlah anjangsana, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Untuk menjalin relasi baik dengan perusahaan, pendidikan maupun institusi lainnya, Direktorat Kealumnian dan Karier (DKK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima sejumlah anjangsana, belum lama ini.

Kegiatan tersebut di antaranya berupa Studi Banding Program Layanan Karier dan Tracer Study dari Unit Bimbingan Konseling dan Karier (UBKK) Universitas Pekalongan, Selasa (13/2/2024).

Kemudian, pada Senin (19/2/2024) DKK bersama Divisi Promosi dan Komunikasi Publik(DivPromKomblik) menerima penawaran kerja sama dalam hal admisi dan perekrutan lulusan UKSW dari UPH College.

Berikutnya, pada Selasa (20/2/2024) DKK juga menerima anjangsana dari SMA Kusuma Bangsa Palembang untuk penjajakan kerja sama dalam hal pemenuhan kebutuhan guru, internship, serta program layanan DKK.

Pada akhir Februari silam, PT Triputra Visi Energi Jakarta juga melakukan penjajakan kerja sama dalam hal internship dan guest lecture, recruitment dan company sharing serta CSR Program, Rabu (28/2/2024).

Direktur DKK Dra. Lina Sinatra Wijaya, M.A., menyatakan rasa bahagia sekaligus bangga bahwa DKK UKSW mendapatkan pengakuan baik dan tawaran kerja sama dari berbagai institusi maupun perusahaan.

“Kami merasa senang karena DKK mendapat kepercayaan dalam membagikan apa yang sudah kami lakukan untuk kemajuan institusi lainnya serta mendapatkan banyak tawaran kerja sama,” bebernya Selasa (5/3/2024) dalam keterangan tertulis .

Hal ini diungkapkannya tak lepas dari kerja sama, kolaborasi, serta sinergi yang baik di dalam tim.

“Apa yang kami lakukan adalah bekerja dengan sebaik mungkin, dan juga menentukan tempat benchmark yang berkualitas sehingga DKK dapat terus melakukan peningkatan kerja dan kualitas layanannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, UKSW meraih Bintang 3 dari Quacquarelli Symonds (QS) Stars Rating sebuah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang berbasis di Inggris belum lama ini. Dalam kategori Employability (tingkat kesiapan lulusan untuk masuk dunia kerja), UKSW mendapatkan bintang 5 atau sempurna.

Hal ini tak lepas dari keterlibatan DKK dalam meningkatkan kualitasnya sehingga setelah lulus resapan di dunia kerja tinggi. Dalam hal ini, DKK memberikan fasilitas kepada mahasiswa dan terus dipantau meskipun sudah lulus. Tak hanya di tingkat universitas saja, di setiap fakultas juga memiliki Koordinator Kerja Sama dan Kealumnian.

Selain itu, UKSW juga memiliki program Career Launch Path di mana mahasiswa yang berkesempatan melakukan internship dalam perusahaan atau institusi dapat diproses lebih lanjut untuk menjadi karyawan tanpa melalui probation.

“Ketika mahasiswa sudah melalui internship, dinilai memiliki etos kerja bagus, maka perusahaan dapat langsung menjadikannya karyawan kontrak tanpa probation,” jelasnya.

Saat ini, hal yang menjadi target layanan DKK adalah adanya sistem yang tersentralisasi. Layanan bagi lulusan UKSW berupa Job Fair, Klinik Karier, Virtual Job dari Luar Negeri, serta lainnya yang mendorong percepatan lulusan memperoleh pekerjaan.

“Selain itu kami juga ingin mendorong keterlibatan mahasiswa dengan membuat point card untuk kegiatan workshop dari perusahaan, Job Fair, maupun Virtual Job Fair,” ujarnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya