SOLOPOS.COM - Tim FTEK diterima oleh pihak PT. Hartono Istana Teknologi. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Kunjungan industri Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Selasa (14/3/2023), ke dua perusahaan besar di Kudus kian memperat jalinan kerja sama antara kedua belah pihak.

Rombongan yang dipimpin oleh Dekan FTEK Darmawan Utomo, M.Eng., Ph.D., didampingi sembilan Dosen FTEK dan dua perwakilan mahasiswa ini mengunjungi langsung perusahaan PT. Pura Barutama dan PT. Hartono Istana Teknologi.

Koordinator Kerja sama, Kemahasiswaan dan Alumni FTEK, Atyanta N. Rumaksari, M.T., MBA., saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (15/3/2023), menyampaikan tujuan dilakukannya kunjungan di dua industri tersebut.

Kunjungan industri dilakukan guna melihat teknis proses produksi di masing-masing perusahaan. Selain itu, kunjungan ini sekaligus untuk membina kerja sama yang baik dalam kaitannya dengan Tri Dharma perguruan tinggi serta menjadi ajang temu permasalahan atau advantage dari kerja sama yang telah dilakukan.

“Sudah terjalin kerja sama pada kedua industri tersebut dalam bentuk magang, dan rekomendasi dosen pembimbing kepada mahasiswa agar melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan tersebut,” terangnya.

Penyerap Tenaga Kerja

Atyanta N. Rumaksari menekankan bahwa kedua industri tersebut telah menjadi penyerap tenaga kerja terbesar pada lulusan FTEK UKSW. Ke depan, pihaknya berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara periodik untuk monitoring dan evaluasi.

Dalam kunjungan ke PT. Pura Barutama kemarin, rombongan diterima dengan baik oleh Direktur Human Resources Peter Gundai. Rombongan FTEK berkesempatan memperoleh informasi mengenai lini produksi PT. Pura Smart Technology terkait manufaktur microchip ke dalam kartu seluler brand-brand terkenal.

KUnjungan UKSW
Kegiatan saling tukar-menukar plakat sebagai kenang-kenangan antara Head of Learning Management PT. Hartono Istana Teknologi dengan Dekan FTEK UKSW.(Istimewa)

Agenda kunjungan dilanjutkan dengan diskusi dan konsolidasi terkait bagaimana mempersiapkan teknis magang di PT. Pura Smart Technology bagi mahasiswa FTEK. Rombongan FTEK melanjutkan kunjungan kedua ke PT. Hartono Istana Teknologi.

Kunjungan tersebut disambut hangat oleh David Setyadi selaku Head of Learning Management. Rombongan UKSW disuguhi dengan secuplik perkenalan proses manufaktur terutama teknik perakitan lini produk audio dan proses manufaktur TV LED.

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, kunjungan dilanjutkan dengan diskusi tentang teknis kebutuhan kompetensi mahasiswa yang dibutuhkan oleh PT. Hartono Istana Teknologi.

Mempererat Kerja Sama

Ditegaskan Atyanta N. Rumaksari, dengan menyaksikan langsung kondisi kedua industri tersebut, FTEK mendapatkan gambaran mengenai industri khususnya tentang lini produksi dan menyamakan persepsi teknis magang bagi mahasiswa. Melalui kunjungan ini, FTEK mempererat kerja sama dan berkolaborasi secara baik.

“Di sisi lain, dapat meningkatkan kualitas FTEK dari segi peningkatan kerja sama industri di bidang pendidikan, penelitian dan dapat bekerja sama untuk meningkatkan nilai bagi masyarakat,” imbuhnya.

Selain Atyanta N. Rumaksari, turut serta dalam rombongan yakni Wakil Dekan sekaligus Koordinator Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan Dr.-Ing. Ivanna K. Timotius, M.S., Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknik Elektro Dr. Iwan Setyawan, Kaprodi Teknik Komputer Handoko, Ph.D., Koordinator Bidang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Magang sekaligus Gugus Penjaminan Mutu Teknik Elektro Andreas A. Febrianto, M.T.

Selain itu, ikut serta dalam rombongan yakni Kepala Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPMF) Eva Y. D. Utami, M.T., Kepala Laboratorium FTEK Ir. Budihardja Murtianta, M.Eng., Dosen Senior Ir. Lukas B. Setyawan, M.Sc., dan perwakilan Dosen Demas Sabatino, S.T., M.T. Sementara itu, perwakilan mahasiswa yang terlibat antara lain Ketua Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Otniel dan Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF) Raihan.

Rekomendasi
Berita Lainnya