SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Langkah Komjen Timur Pradopo menjadi Kapolri masih harus melalui DPR. Rencananya, hari Kamis mendatang, Timur akan menjalani fit and proper test Komisi III DPR.

“Kamis 14 oktober pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB akan dilakukan fit and proper test akan dilakukan terhadap calon yang bersangkutan,” ujar Ketua Komisi III Benny K Harman usai menghadiri rapat pleno tertutup Komisi III soal calon Kapolri di DPR, Senayan, Senin (11/10).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Benny mengatakan semua anggota Komisi III mempunyai hak yang sama untuk menyampaikan pendapat dan pertanyaan terhadap Timur. Dari hasil fit and proper test tersebut fraksi-fraksi akan mengambil sikap apakah akan memberikan persetujuan atau penolakan.

Mekanisme pengambilan keputusan akan dilakukan secara musyawarah mufakat. Namun apabila tidak ada titik temu antar anggota komisi, maka keputusan akan diambil dengan voting.

“Jika masih tidak tercapai, dicari jalan demokrasi yaitu voting. Kita sepakat untuk menghindari voting walaupun voting itu cara demokrasi yang sah,” terangnya.

Sementara itu, Benny menjelaskan, Komisi III hari ini sepakat untuk membentuk tim kecil mewakili kelompok fraksi (poksi). Tim kecil yang dipimpin Tjatur Sapto Edy ini akan bekerja mulai hari ini hingga 13 Oktober 2010.

“Tim kecil akan proaktif untuk mendatangi kelompok-kelompok masyarakat untuk meminta masukan terkait calon,” jelasnya.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya