SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Tiket kereta api (KA) arus mudik Lebaran Jakarta-Solo sudah habis dipesan untuk perjalanan Kamis-Senin (16-20/8/2012) mendatang.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Dari data yang dihimpun  di Stasiun Balapan Solo, Selasa (22/5/2012) siang, tiket kereta kelas bisnis masih tersisa hanya 20 kursi untuk perjalanan Minggu (19/8/2012) atau tepat pada hari H Lebaran, dan masih ada 38 kursi untuk perjalanan Senin (20/8/2012).

“Sisanya, terutama kereta kelas eksekutif baik itu Argolawu maupun Argodwipangga semuanya sudah habis,” kata Wakil Kepala Stasiun Balapan Solo, Rustanto P, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya.

Pada hari-hari tersebut atau mulai tanggal 16 Agustus, lanjut Rustanto, sudah memasuki puncak arus mudik Lebaran, tepatnya H-3 Lebaran. Saat ini, masyarakat sudah mulai memborong tiket kereta api karena calon penumpang bisa membeli tiket kereta api H-90 sebelum jadwal keberangkatan.

Rustanto menambahkan, penjualan tiket kereta api untuk masa arus mudik ini mulai meningkat sejak Jumat (18/5/2012) lalu. “Karena, begitu H-90 dari jadwal perjalanan, masyarakat langsung melakukan pembelian. Supaya tidak kehabisan,” kata dia.

Saat ini, lanjut dia, pembelian tiket kereta api tidak hanya dilayani di stasiun. Masyarakat justru diimbau untuk membeli tiket di agen yang bisa melayani 24 jam. “Terutama di toko ritel, seperti Indomaret, Alfamart. Selain di agen itu, penjualan tiket KA bisa dilayani juga di bank, seperti Bank Mandiri, CIMB Niaga, BRI dan BPD DIY.”

Tiket Arus Balik

Sementara itu, Rabu (23/5/2012) besok, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai melayani penjualan tiket untuk arus balik, tepatnya H+1 Lebaran atau Selasa (21/8). “Rabu pukul 00.00 WIB masyarakat sudah bisa membeli tiket untuk balik H+1 Lebaran.”

Untuk mengantisipasi lonjakan antrean pembelian tiket arus balik, pihak Stasiun Balapan akan mengoptimalkan fasilitas loket yang ada di stasiun. “Kami hanya memaksimalkan empat loket yang ada. Tidak ada penambahan loket. Karena, sesuai imbauan kami sebelumnya, kami berharap masyarakat bisa membeli di agen atau bank. Selain untuk mengurangi potensi antrean, masyarakat juga bisa mendapatkan tiket lebih awal karena agen membuka pelayanan 24 jam.”

Sementara itu, Pejabat Humas PT KAI Daop VI Jogja, Eko Budiyanto, menambahkan tiket kereta api khususnya dari Jakarta untuk arus mudik sudah habis. Tapi, untuk perjalanan dari daerah menuju Bandung, Surabaya dan kota-kota lain masih tersedia. Eko juga mengatakan Rabu besok penjualan tiket masa arus balik sudah bisa dilayani. “Kami juga mengimbau agar masyarakat membeli tiket melalui agen agar tidak ada antrean panjang di stasiun,” kata Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya