SOLOPOS.COM - Logo PPP (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Surabaya Survey Center (SSC) menyebut tiga partai politik yang paling dipilih warga Nahdlatul Ulama atau nahdliyin di Kota Surabaya, Jawa Timur menjelang Pemilu 2024.

Ketiga partai tersebut masing-masing PDIP, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PPP).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Menariknya, PPP yang juga merupakan representasi NU tidak banyak dipilih nahdliyin di Surabaya.

“PDIP menjadi partai politik yang paling dipilih oleh kalangan pemilih nahdliyin di Kota Surabaya,” kata Direktur Riset SSC Edy Marzuki saat merilis hasil survei lembaganya di Surabaya, Kamis (13/7/2023).

Edy mengungkapkan PDIP berada di posisi pertama sebagai parpol yang paling dipilih oleh kelompok pemilih nahdliyin di Surabaya diikuti Partai Gerindra dan PKB pada posisi kedua dan ketiga.

“PDIP meraih dukungan 52,1 persen, Partai Gerindra 8,7 persen, menyusul PKB dengan 7,2 persen,” ucapnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Edy menambahkan Partai Demokrat memperoleh 6 persen, Golkar dengan 5,1 persen, PKS 3 persen, Nasdem 2,3 persen, PPP dan PAN masing-masing 1,8 persen dan 1,7 persen, PSI 1,3 persen, serta Perindo 1,1 persen.

“Sisanya kurang dari 1 persen, yakni PBB, Partai Ummat, Hanura, Gelora, dan Garuda, semuanya kompak dengan 0,1 persen. Bahkan, Partai Buruh dan PKN tidak menjadi pilihan kalangan Nahdliyin Surabaya,” urai Edy.

Meski demikian, Edy mengatakan masih ada sisa ceruk suara di masyarakat Surabaya pada kelompok pemilih ini.

Sebanyak 9,2 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

“Dengan jumlah sebanyak ini, yang bisa merangkul mereka bisa menyalip di tikungan akhir, jika dikelola dan dimanfaatkan dengan optimal,” katanya.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 20 hingga 30 Juni 2023 pada 31 Kecamatan se-Surabaya.

Sebanyak 1.200 responden dari kalangan Nahdliyin dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

SSC adalah salah satu lembaga survei yang bernaung di bawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) dan aktif dalam berbagai kegiatan riset opini publik sejak 16 tahun lalu, tepatnya sejak 7 Juli 2007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya