SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal menaiki kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dari Stasiun Harjamukti, Cibubur, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/8/2023). (ANTARA/Indra Arief Pribadi)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiga kali menjajal kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, Kamis (3/8/2023).

Presiden menyebut kereta ringan tanpa masinis rutenya melintasi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi itu nyaman ditumpangi.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Salah satu gerbong kereta LRT yang ditumpangi Presiden dari Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat, menuju Stasiun Dukuh Ats, Jakarta.

Presiden menjajal LRT didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Pj. Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Selain itu, turut pula dalam perjalanan itu para pemengaruh di media sosial (influencer) seperti Olga Lydia dan Ulin Yusron.

“Saya sudah tiga kali ini nyoba, ya nyaman. Saya rasakan semua kan, nyaman,” kata Jokowi, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Jokowi berpesan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang bertanggung jawab dalam pengoperasian LRT agar selalu memeriksa aspek keamanan dan keselamatan penumpang sebelum mengoperasikan untuk umum.

Dia memerintahkan agar setiap kekurangan dalam LRT Jabodebek segera diperbaiki.

“Ya diperbaiki, misalnya pintu kurang, ada macet, kita ini sudah bolak balik, uji coba ini penting pada saat digunakan masyarakat keamanan dan keselamatan masyarakat aman semua,” ujarnya.

Jokowi menjajal LRT dari Stasiun Harjamukti, Depok, Jawa Barat sekitar pukul 08.15 WIB.

Ia kemudian singgah di Stasiun Cawang untuk melakukan pemeriksaan dan melanjutkan perjalanan hingga tiba di stasiun akhir Stasiun Dukuh Atas sekitar pukul 09.10 WIB.

Secara akumulasi, Jokowi melintasi Stasiun Harjamukti, kemudian Ciracas, Kampung Rambutan, TMII, Cawang, Ciliwung, Cikoko, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudi hingga berakhir di Dukuh Atas.

LRT merupakan moda transportasi terintegrasi yang rangkaian keretanya diproduksi BUMN PT INKA Persero, dan prasarananya dikerjakan PT Adhi Karya Persero Tbk.

Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk pengerjaan LRT lebih dari 60 persen.

LRT Jabodebek menggunakan teknologi yang lebih tinggi dari MRT Jakarta ataupun LRT Sumsel, yaitu generasi ke-3 atau Grade of Automation (GoA) Level 3.

Dengan teknologi itu memungkinkan kereta dioperasikan tanpa masinis dan mengatur jarak antarkereta menjadi lebih dekat dengan tetap konstan menjaga jarak aman.

Adapun serangkaian pengujian telah dilakukan sejak 2022 dan semakin intensif pada Mei 2023.

Selanjutnya, uji coba terbatas (trial operation) LRT Jabodebek akan dilakukan pada 12 Juli hingga Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya